Luncurkan Program "Sula Makmur",Baznas Kepsul Serahkan Bantuan Alat Pertanian Kepada Kelompok Tani Desa Modapuhi Trans

SANANA,RM Guna untuk memudahkan petani serta memajukan petani agar menjadi profesional,mandiri dan sejahtera, maka dari itu,Badan Amil Zakat...



SANANA,RM

Guna untuk memudahkan petani serta memajukan petani agar menjadi profesional,mandiri dan sejahtera, maka dari itu,Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul),Provinsi Maluku Utara (Malut) luncurkan program "Sula Makmur"dengan memberikan bantuan alat pertanian berupa tiga ekor Kerbau dan dua buah Gerobak kepada dua kelompok tani di Desa Modapuhi Trans untuk di kelola secara bersama,jumat (17/9).

Kegiatan penyerahan bantuan oleh Baznas yang di pusatkan di Balai pertemuan Desa Modapuhi Trans itu, di hadiri langsung oleh Ketua Baznas Hi.Amir Soamole,SH, Wakil Ketua IV Bidang SDM Noh Sapsuha,Kabag Pengumpulan Erwin Drakel serta beberapa staf di masing-masing Bidang, yakni Ahlan Yainahu staf Bidang Pendistribusian,Jufri Usia staf Bidang SDM,Surhaman Kemhai staf Bidang Pengumpulan dan Nurhani Kemhai staf Bidang Keuangan Baznas Kepsul.

Selain itu,kegiatan tersebut juga turut dihadiri langsung oleh Kepala Kementrian Agama (Kamenag) Kepsul,Saiful Djafar,Spd.M.Pdi, Plt Kasubag Tata Usaha (TU) Kemenag Ustad Yamin Jul,Kepala KUA Kecamatan Mangoli Utara, Kapolsek Falabisahaya dan Koramil Sanana yang di wakili Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Modapuhi Trans, Pelda Abdul Gafur Soamole dan Bripka Irfan Umaternate. Kepala Desa Modapuhi Trans Mukaram Buamonabot serta tokoh agama,tokoh pemudah dan tokoh masyarakat.

Ketua Baznas Kepsul,Hi.Amir Soamole,SH dalam sambutan nya mengatakan bahwa, kehadirin kami disini sebagai Badan Amil Zakat Nasional (Baznas),"Jadi saya dan rekan-rekan yang hadir disini sebagai Amil. Amil itu berarti orang yang menerima zakat infaq dan sedekah dan tugas nya mendistribusikan kepada orang-orang yang berhak menerimah,"Terangnya.

Agar tidak di anggap bantuan tersebut ada hubungan dengan politik, Hi.Amir menegaskan bahwa,Baznas ini independen dan mandiri.Artinya tidak di pengaruhi oleh unsur-unsur politik dan lain sebagai nya. Jadi kehadiran Baznas disini bukan sebagai tim A atau tim B, namun kami hadir disini secara nasional untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan.

Jadi hari ini ada dua program yang kita lakukan disini,yakni program "Sula Makmur" menyangkut dengan pemberdayaan masyarakat dan program "Sula Takwah" menyangkut dengan keagamaan,"Jadi yang berlangsung sekarang ini ada dua program yang kegiatan nya kita laksanakan di Desa Modapuhi Trans hari ini,"Terangnya.

Melalui sambutan tersebut,Hi.Amir juga sering memberi motifasi kepada masyarakat agar bisa menerima sesuatu yang kecil untuk berfikir membuat menjadi lebih besar dan banyak. Sebelum nya saya ingin sampaikan bahwa bantuan yang kita serahkan hari ini mungkin hanya sedikit sehingga barangkali tidak sesuai dengan harapan masyarakat Modapuhi Trans, tapi dari sedikit inilah kita berusaha untuk  menanjak untuk menjadi banyak.Jadi kita harus bersakit-sakit dulu baru mendapat yang banyak,"Saya berharap jangan nanti ada yang mengatakan bahwa kenapa hanya diberikan bantuan sedikit seperti ini. 

Menurut dia,bantuan alat pertanian tersebut di beri berdasarkan hasil survei Baznas.Awal turun survei lapangan saya sangat perihatin melihat kondisi pengelolaan pertanian di Desa Modapuhi Trans ini. Petani di beri bibit untuk menanam tapi tidak di pikirkan bagaimana hasil nya bisa di jual.Itu yang membuat saya sangat perihatin,"Ucapnya.

Melalui hasil survei itu maka saya berfikir bahwa, selaku bagian daripada orang sula yang saat ini memikul jabatan sebagai Ketua Baznas maka saya pun langsung merencanakan untuk membantu masyarakat yang ada di desa Modapuhi Trans,"Muda-mudahan bantuan ini dapat dimanfaatkan oleh dua kelompok tani ini secara baik dan benar sesuai dengan tujuan daripada pemberian bantuan ini.

Bantuan yang kami berikan pada hari ini adalah dua buah gerobak dan dan tiga ekor Kerbau. Meskipun tiga ekor kerbau itu ada juga yang masi kecil dan ada yang sementara hamil akan tetapi diharapkan dapat dipelihara dengan baik sehingga nanti bisa di pakai secara bergilir oleh kelompok tani Suka Maju dan kelompok tani Yana Kamdua secara baik dan benar.

Melalui sambutan itu, Hi.Amir juga menegaskan bahwa,tidak ada yang nanti mengatakan bahwa bantuan tersebut dia ini yang punya dan dia itu yang punya,tidak. Bantuan ini diberikan untuk seluruh warga Desa Modapuhi Trans untuk dimanfaatkan secara bersama,diatur bersama dan tatacara nya juga diatur bersama.Jangan masing-masing mau menang sendiri.

Setelah diberikan bantuan ini maka kami akan evaluasi setiap tiga bulan agar kami tahu kemajuan dari penggunaan bantuan itu seperti apa. Kalau kemajuan nya bagus maka akan ada bantuan-bantuan tambahan diluar program Sula Makmur dan Sula Takwa yang kami lakukan hari ini,"Kami dari Baznas punya lima program,namun ini baru dua yang kita lakukan, masi ada program lain yang belum masuk di Desa Modapuhi Trans.

Pada kesempatan itu,Hi.Amir meminta kepada Kepala Desa agar tolong mengontrol terus bantuan tersebut.Bantuan ini tidak terkait dengan masalah politik,pemilihan dan lain sebagai nya. Bantuan ini netral, artinya kami independen dan netral.Dasar dari dana ini dapat dari orang-orang yang berjakat,berifaq dan bersedekah. Oleh nya itu,kata dia,semua warga Desa Modapuhi Trans, baik muslim maupun non muslim punya hak yang sama untuk dapat menggunakan bantuan tersebut asalkan di atur secara baik dan benar.Jadi saya meminta agar bantuan ini diperhatikan demi kelanjutan program.

Kami akan monitoring dan sekaligus kita akan evaluasi,apabila ada kemajuan maka kami akan membantu mendukung program lain.Harapan kami dari Baznas seperti itu,muda-mudahan harapan ini dapat disambut baik oleh seluruh warga Modapuhi Trans,"Apabila ada kemajuan pada bantuan pertama ini,maka kami Baznas akan membantu dukung program lain,salah satu nya bagaimana memberdayakan perempuan yang ada di desa Modapuhi Trans melalui home industry dengan cara memberikan bantuan alat supaya bisa mengolah pisang dan ubi untuk di jadikan krepek dan pisang ijo sehingga bisa di jual dan dapat menghasikan pendapatan.

Selain itu,Hi.Amir juga kembali mengingatkan masyarakat Desa Modapuhi Trans terutama muslim agar tidak melupakan satu kewajiban nya yang ada dalam rukun islam,yaitu membayar zakat.Kami dari Baznas juga mengajak seluruh masyarakat, terutama yang muslim supaya selalu ingat salah satu kewajiban kita itu adalah zakat.Rukun islam itu ada 5, salah satu nya ber zakat, karena zakat itu selalu disebut berulang-ulang dengan sholat, jadi setiap sholat pasti ada zakat dan setiap zakat pasti ada sholat,"Jelasnya.

Maka dari itu,kata dia,zakat ini diperlukan bagi orang muslim untuk mengeluarkan sebagian harta yang kita dapat dan di berikan kepada orang yang berhak menerima. Siapa orang yang berhak menerima,termasuk saya sebagai Ketua Baznas juga menerima, karena Amil itu salah satu asnaf,salah satu golongan yang berhak menerima.

Kami dari Baznas sendiri mendapatkan beberapa persen dari pengumpulan zakat,infaq dan sedekah yang bapak dan ibu bayar. Misalnya kalau kami mengumpulkan 100 juta maka kami mendapat 10 persen lalu kemudian kami melaksanakan kegiatan seperti ini,"Jadi kami dari Baznas sendiri di gaji melalui zakat,maka kegiatan seperti ini tidak di biayai oleh siapa-siapa.

Alhamdulillah,dari hasil pengumpulan zakat,infaq dan sedekah,kami hanya mengambil beberapa persen saja,kemudian sisa nya yang lebih banyak itu kami kembalikan kepada orang-orang yang lebih berhak menerimah.Kata dia,selain Amil,ada juga 7 asnaf yang harus kita berikan,termasuk bapak dan ibu di Desa Modapuhi Trans yang juga kami menganggap sebagai salah satu asnaf yang harus kita bantu pada hari ini.

Jadi kalau kalian sudah mendapatkan bantuan dan kemudian sudah mendapat pendapatan lebih maka jangan lupa untuk membayar zakat,infaq dan sedekah karena itu merupakan suatuh kewajiban,bukan karena Baznas,"Kewajiban orang islam itu mengeluarkan sebagian pendapatan nya kepada orang yang tidak mampu.Ini nama nya silaturahmi,jadi kita saling membantu.Ucapnya.(Edl/SL).

COMMENTS
























































Nama

(Lombok Tengah),190,(Praya Tengah,3,5erkini,1,a,1,Aceh,117,Aceh barat,1,aceh besar,4,Aceh singkil,27,ACEH TENGAH,3,aceh timur,7,Aceh Utara,8,adepura,1,Aek Kanopan,2,agam(Sumbar),20,Ambon,1,Amuntai,1,anambas-kepri,15,ankara,1,ANTERO,1,anyer,1,Artikel,5,asahan,3,ASMAT,1,badau(kalbar),2,badung,3,bagansiapiapi,2,Balai Karangan,1,balai pungut Pinggir,1,balai raja pinggir,2,balangan,1,Bali,13,Balikpapan,4,Banda Aceh,28,bandar lampung,26,Bandung,137,bandung barat,4,Banggai,2,Banggai Kepulauan,1,Bangka belitung,5,bangkalan,3,bangkinang,1,banjar,1,Banjarbaru,1,banjarmasin,6,Banjarnegara,2,bantaeng,1,banten,13,bantul,3,Banyumas,5,Banyuwangi,24,bappenas,6,barabai,1,BARABATU PANGKEP,1,Barelang,4,Barito Selatan,1,Barito utama,1,barito utara,1,barru,1,batam,577,batang,137,BATAVIA,1,Bathin Salopan,16,Bathinsolapan,1,Batu Ampar,3,Batu Panjang Rupat,4,batubara,27,Batunyala,1,beirut,1,bekas,1,Bekasi,45,belawan,3,belitang,1,belitung,1,bengkalis,160,bengkayang,57,bengkulu,1,bengkulu utara,6,berastagi,1,BERAU,4,berita terkini,566,Bima,3,binjai,3,bintan,162,Bireuen,176,bisnis,4,bitung,1,Blitar,2,BLORA,41,Bobong,1,Bogor,58,bojonegoro,1,bolmong,1,Bolmut,2,bondowoso,67,bone,2,boven digoel,1,boyolali,8,Brang Ene(Sumbawa Barat),10,brebes,7,BUKITTINGGI,24,bulukumba,1,BULUNGAN,1,buol,2,Business,1,Calang,1,Catatan RM,1,ciamis,8,Cianjur,58,cikalong,1,Cikampek,2,Cikarang,7,cikopo,1,cilacap,9,Cilegon,20,cimahi,4,Cirebon,27,dabo singkep,4,daera,3,Daerah,291,dairi,1,Deli Serdang,6,Denpasar,17,depok,111,dewan pers,1,Donggala,4,DPI,2,DPRD Bekasi,28,DPRD Kab. Bekasi,11,dumai,28,Dungun Baru Rupat,1,duri,9,duri barat,1,Duri(Mandau),86,Ekonomi,57,entikong,36,Garut,114,Geragai,1,Global,3,Gorontalo,197,Gowa,8,Gresik,30,grobogan,2,Gunung kidul,1,Gunung Meriah,1,gunung puyuh,1,gunung sitoli,1,Halmahera Barat,2,halmahera selatan,1,hamparan perak,11,Hateng,1,Health Info,2,Humas Beltim,3,Humbahas,5,Hutan Panjang(Rupat),4,Indonesia,2,indragiri,1,Indramayu,5,informasi,1,INHIL,1,inhu,2,ini,1,Internasional,29,itali,1,jabar,4,Jagoi Babang,1,jakara,5,jakarta,1961,jakarta barat,13,jakarta utara,1,jambi,4,Janapria(Lombok Tengah),14,jateng,3,Jatim,5,Jawa barat,7,Jawa tengah,2,Jawa Timur,1,Jayapura,33,Jeddah,1,Jember,255,Jembrana,1,Jeneponto,7,Jenggik Utara(Lombok timur),3,Jepara,7,Jogja,1,Johannesburg,1,jombang,1,kab,1,Kab Bandung,69,kab. Bandung,7,Kab. Bekasi,31,Kab. Langkat,266,Kab. Mimika,24,kab. musi rawas,121,Kab. Pekalongan,4,kab. pemalang,7,kab. polman,6,Kab. Seluma,43,kab. Subang,2,Kab. Wajo,5,kab.bandung,12,kab.bekasi,4,kab.bengkalis,52,kab.keerom(Papua),1,kab.kubu,2,kab.kubu raya(kalbar),896,Kab.Nganjuk,25,kab.pemalang,3,Kab.Semarang,2,kab.sintang,79,kab.Tangerang,3,kab.Tegal,78,Kabar Rohul,2,Kabupaten Bireuen-Aceh,26,Kabupaten Pelalawan,1,kalbar,87,Kalembu Kaha(NTT),1,kalideres,1,kalimantan barat,16,kalimantan selatan,2,kalimantan utara,1,KALSEL,1,Kalteng,15,Kaltim,8,kaltra,2,kampar,48,Kandangan,1,Kao Teluk,1,KAPUAS,6,Kapuas Hulu,14,karanganyar,2,karangasem,2,Karawang,51,Karimun-Kepulauan Riau,174,karo,1,Katingan,20,kaur,2,Kayong Utara,2,kayuagung,2,Kebumen,1,kediri,20,Keerom,2,Kementerian PPN/Bappenas,88,kendari,4,KENDARI(SULTRA),37,kepri,112,keprri,5,Keranji paidang,1,Keruak(Lombok Timur),2,kerumak,1,ketapang,24,klaten,52,klungkung,2,kota pekalongan,4,Kotabumi,1,kotawaringin barat,1,Kotawaringin Timur,1,kotim,1,Kuala Behe,6,Kuala kapuas,11,kuala lumpur,1,Kuala Pembuang,20,kubu raya,31,kudus,5,Kulim Bathinsolapan,2,Kuliner,3,kuningan,5,Kupang,10,Kutai Kartanegara,1,kutim,1,l,1,Lab. Wajo,1,labuhan batu,315,labuhan batu utara,3,labuhan haji,3,Labura,34,Labusel,12,lagoi,1,lagon,2,lamboya (NTT),1,lamongan,3,lampok(sumbawa barat),1,lampung,39,Lampung Selatan,8,Lampung Tengah,211,lampung timur,1,lampung utara,31,lampura,5,landak,6,landak(Kalbar),148,lando(Terara Lombok Timur),1,langkat,12,langsa,1,Lantamal V,807,lantamal x,244,lawang kidul,1,lebak,18,lemo morut,1,lesung batu,1,Lhokseumawe,10,Lhoksukon,3,Limapuluh Kota,12,LINGGA,399,LOBOK TIMUR,1,LOMBOK,1,lombok barat,15,lombok tengah,83,Lombok timur,376,loteng,2,loteng(NTB),5,loteng),1,lubuk pakam,2,Lubuklinggau,57,Lumajang,35,Luwu,4,luwu timur,1,luwu utara,3,Luwuk Banggai,2,Maddaremmeng,1,Madina,1,Madiun,6,madura,1,magelang,3,magetan,1,Majalengka,444,majene,72,makassar,23,malang,3,Maluku Utara,4,Mamberamo Raya,1,Mamuju,27,mamuju tengah,6,Manado,3,mancanegara,1,Mandau,4,Mandor,2,manduamas,1,Manemeng (Sumbawa Barat),4,manokwari,11,marindal,1,maroko,2,Maros,82,mataram,8,mataram(ntb),12,mateng,1,Medan,525,Melawi,6,MELAWI(KALBAR),175,meliau,1,Mempawah,31,Mengkopot,4,menjalin,32,merak,3,Merangin,1,meranti,9,Merauke,2,MESUJI,42,metro lampung,3,MEULABOH,3,Minahasa,1,mojokerto,6,Montong Gading (Lombok Timur),2,Morowali,6,Morowali Utara,2,morut,4,muara,2,Muara Basung Pinggir,4,Muara Enim(Sumsel),79,muara medak,5,muara tami,1,muara teweh,3,muba,19,Muko Muko,27,mukomuko,58,mukoq,1,Muna(Sultra),1,mura(sumbawa barat),1,MURATARA,166,murung jaya,1,murung raya,1,musi banyuasin,40,musirawas,27,Nabire,1,nagan raya,3,Nanga Mahap,1,Nanga Pinoh,2,Nasional,40,Natuna(Kepri),33,New York,1,News,187,ngabang,2,Nganjuk,2,Ngawi,2,nias selatan,5,NTB,24,nternasional,1,NTT,2,Nunukan,105,oku selatan,2,Oku Timur(Sumsel),14,Olahraga,1,opini,7,Otomotif,3,P.SUSU,12,Pacitan,1,padalarang,1,Padang,4,padang genting,1,padangsidempuan,13,Palangka raya,43,Palas,1,Palas (Lampung Selatan),3,palelawan,6,Palembang,43,palimanan,1,palu,10,Pamekasan,1,Pandeglang,442,Pangandaran,20,Pangkal Pinang,4,pangkalan brandan,1,pangkalan bun,2,Pangkep,1,panyabungan,1,Papua,57,papua barar,2,papua barat,11,parapat,1,Parepare,1,Parimo,7,Pariwisata,31,pasangkayu,9,Pasuruan,5,Payakumbuh,1,pekalongan,42,Pekanbaru,309,pelalawan,1,Pemkab Bekasi,17,PemkaPelalawan,1,Pemkot Bekasi,1,PEN Sdm,1,Pendidikan,51,Pengumuman,8,peristiwa,75,Pessel,2,Pidie,1,pidie jaya,2,Pilkada,6,pinggir,7,pinrang,9,polda kalbar,1,Polda Kalteng,3,Polewalimamdar,1,Polewalimandar,3,Polhukam,158,politik,13,Polman Sulbar,32,polres Pekalongan,248,polres Sekadau,488,Polsek Belitang,21,Polsek Belitang Hulu,3,polsek Sekadau,3,Polsek Sekadau Hilir,5,Polsek Sekadau Hulu,6,Ponorogo,4,Pontianak,13,pontianak(kalbar),336,porsea,1,Poso,1,praya,3,pringsewu,78,Probolinggo,1,prov. Aceh,1,Prov.Papua,1,pulang pisau,3,Pulau Berhala,1,puplis,1,Purwakarta,14,purwokerto,1,Purworejo,1,puspenerbal,1,putussibau,4,Pyongyang,1,q,1,rabat,2,rada,2,radar metro,904,ragam,5,rambah samo,2,ranai.,2,Randublatung,3,Rasau Jaya,2,Regional,31,rejang lebong,1,Rembang,1,Riau,31,rimo,1,Rohil,5,ROHUL,7,rokan hilir,2,Rokan Hulu,311,rote ndao,31,rundeng,1,rupat,68,rupat utara,78,Sabas,1,saham,1,sakra barat,2,Sakra(Lombok Timur),4,Salatiga,2,samalanga,1,samarinda,9,sambas,62,sampang,72,sampit,6,sanana,44,sanggau,369,satbrimob,1,Sebanga Pinggir,2,sebangki,11,sekadau,89,Sekadau Hilir,7,sekayam,11,selebritis,8,selong,3,selopan,4,seluma,5,Seluma Utara,1,Semarang,21,Sengah Temila,2,seputihbanyak,1,serang,135,serdang bedagai,4,siak,15,siak hulu,1,siantar,2,sidas,2,Sidoarjo,22,sidrap,1,Sigi,23,Simalungun,140,simeule,1,singkawang,39,singkil,7,Sinjai,1,sintang,17,slawi,2,Sleman,4,solapan,1,solo,5,Solok,1,Solok selatan,1,Soppeng,2,sorong,6,sorong selatan,18,sragen,2,stabat,27,subang,26,subulussalam,152,suka Makmue,1,Sukabumi,82,sukoharjo,7,Sulawesi Selatan,1,sulbar,2,sulsel,12,sULTENG,6,sultra,1,Sulut,1,Sumba Barat(NTT),8,sumbar,8,sumbawa,1,sumbawa barat,8,Sumedang,5,Sumenep,92,Sumsel,6,sumut,6,sungai kakap,3,SUNGAI RAYA,1,Surabaya,49,surakata,1,tabanan,1,takalar,1,talang muandau,3,Taliabu.,43,taliwang(Sumbawa Barat),8,tambang,1,tana tidung,2,tanah datar,1,tanah jawa,2,tangerang,21,Tangerang Selatan,5,tanggamus,3,Tanjabtim,14,Tanjung agung,1,tanjung balai,1,tanjung batu,2,TANJUNG MEDANG,9,TANJUNG PINANG,3,tanjung pinang (Kepri),592,tanjung punak,4,tanjung selor,3,tanjung uban,24,TANJUNGPINANGKEPRI,1,Tapanuli Selatan,1001,tapteng,2,TAREMPA(KEPRI),2,Tasikmalaya,35,tayan hilir,1,tayan hulu,3,tebing tinggi,281,Technology,12,Teekini,3,tegal,18,Tekini,1,teluk kapuas,1,temajuk,4,Terindikasi,1,Terintegrasi,1,Terjini,1,Terk,1,TERKI,2,Terki i,3,Terkimi,1,Terkin,5,Terkini,19326,TERKINIM,3,Terkino,7,Terkirni,1,Terkuni,1,Termini,3,Ternate,2,Tertkini,1,tigaraksa,1,timika,9,toba,1,tolikara,1,Tolitoli,11,toraja utara,1,Trrkini,1,Tubaba,2,tubabar,1,tulang bawang,76,Tulang Bawang Barat,16,tulang bawang barat (lampung),9,Tulangbawang,18,tulungagung,1,ujung batu,2,Waibakul-NTT,1,Waikabubak(NTT),5,Walla Ndimu(NTT),3,Way Kanan,303,Wonosobo,1,Yogyakarta,21,
ltr
item
Radar Metro: Luncurkan Program "Sula Makmur",Baznas Kepsul Serahkan Bantuan Alat Pertanian Kepada Kelompok Tani Desa Modapuhi Trans
Luncurkan Program "Sula Makmur",Baznas Kepsul Serahkan Bantuan Alat Pertanian Kepada Kelompok Tani Desa Modapuhi Trans
https://1.bp.blogspot.com/-gdfkpsvYI0M/YUWumJLyYaI/AAAAAAAA8Ns/mCqWAZyEENY8m0LVUxErS7n3zX7pgqdFgCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20210918-WA0130.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-gdfkpsvYI0M/YUWumJLyYaI/AAAAAAAA8Ns/mCqWAZyEENY8m0LVUxErS7n3zX7pgqdFgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20210918-WA0130.jpg
Radar Metro
https://www.radarmetro.net/2021/09/luncurkan-program-sula-makmurbaznas.html
https://www.radarmetro.net/
http://www.radarmetro.net/
http://www.radarmetro.net/2021/09/luncurkan-program-sula-makmurbaznas.html
true
9158309300093259471
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy