SHM,No.998.Atas Nama Dewi Inafiah Diduga Cacat Hukum

"Komisi II.Anggota DPRD,Kabupaten Mempawah Dari Fraksi Golkar.Hj.Sri Tuti Amalia Pertegaskan Untuk Mengkaji Ulang Sertifikat itu" ...


"Komisi II.Anggota DPRD,Kabupaten Mempawah Dari Fraksi Golkar.Hj.Sri Tuti Amalia Pertegaskan Untuk Mengkaji Ulang Sertifikat itu"

Mempawah,Radar Metro.

Jungkat,Kabupaten Mempawah.Bertempat Dilokasi Lapangan Bola Dharma Bhakti, Kamis,16/12/21.Puluhan Warga Masyarakat Jungkat Adakan Aksi Damai, untuk menuntut Mafia tanah atas lahan lapangan Bola Dharma Bhakti jungkat.


Ketua Aksi Damai, yang selaku mengetahui Risalah H.Mas Rubeni, mengatakan kepada awak media dilokasi  Lapangan sepak bola Dharma Bhakti Jungkat merupakan ikon tersendiri yang sudah dikenal .


Menurut Bapak H.Mas Rubeni, Bahwa Pernyataan itu yang disampaikan oleh Bapak Almarhum H. Muchmid RHP dan M. Basuni. H. M. Arif serta didengar langsung oleh saya sendiri (H. Mas Rubeni).


Didalam aksi damai ini,ia meguraikan pernyataan nya dengan sebenar-benarnya, tanpa adanya paksaan dari pihak manapun berkenaan dengan status tanah lapangan sepak bola yang terletak di Desa Jungkat, berikut keterangan saya mengenai hal tersebut ”Pertama saya menyampaikan perihal berkenaan dengan perolehan lahan tanah lapangan sepak bola Dharma Bhakti Jungkat menurut Almarhum Bapak H. Mohmid RHP (keterangan ini saya dengar langsung dari penjelasan Almarhum dengan keadaan sadar dan sehat secara jasmani serta rohani) yang menyatakan kebenaran ini.ucap nya.


“Bahwa pada tahun 1965 H. Muchmid, RHP yang pada saat itu menjabat sebagai Komandan BUTERPRA (Bintara Urusan Teritorial dan Perlawanan Rakyat) sekarang Koramil, pada saat itu kampung Jungkat belum ada sarana lapangan yang memadai dan layak untuk masyarakat bermain sepak bola, atas permintaan masyarakat Jungkat agar di Jungkat dibuat lapangan sepak bola untuk dipergunakan sebagai sarana olahraga maka direncanakan untuk membangun lapangan sersebut.


Kemudian H.Muchmid, RHP menemui Bapak M.Basuni H.M. Arif (pada saat itu sebagai Imam Besar Masjid Jungkat dan sebagai ketua Lembaga Sosial Desa/LSD Kampung Jungkat, mengatakan bahwa tanah yang terletak di pinggir Jalan Raya Jungkat yang saat ini di sebelah barat bangunan adalah Kantor UPLKB/BP Paudni, sebelah timur terdapat rumah penduduk jalan Pejuang, di sebelah utara ada bangunan SMP N 1 Siantan, dan di sebelah selatan jalan adalah Raya Jungkat tersebut dikuasai oleh kepala kampung Bapak M. Said. Selanjutnya dari informasi tersebut beberapa waktu kemudian H.Muchmid RHP dan M.Basuni H.M.Arif langsung ke Balai Desa Jungkat untuk menemui M. Said, sesampainya di Balai Desa Jungkat ternyata M. Said tidak ditempat, hanya bertemu dengan Bapak M.Ali Said (juru tulis Balai Desa Jungkat), kemudian H.Muchmif RHP, M.Basuni H.M. Arif dan M.Ali Said menemui kepala kampung Bapak M.Said di rumah kediaman di Parit H.Amin Jungkat tutur Rubeni.


Dari pertemuan tersebut, Bapak M.Said yang menjabat kepala kampung pada saat itu dalam keadaan sehat, tanpa tekanan, ikhlas dan sadar menyampaikan secara lisan kepada H.Muchmid RHP, M.Basuni H.M. Arif dan M.Ali Said bahwa tanah tersebut dihibahkan kepada masyarakat Jungkat (pada saat itu era 1965, hibah secara lisan banyak terjadi dikarenakan kejujuran dan kepercayaan masih digunakan sebagai jati diri). Sebagai pejabat kepala kampung pada saat itu bapak M.Said berani menyampaikan hibah tersebut kepada H.Muchmif RHP, M.Basuni H.M. Arif dan M.Ali Said dikarenakan Bapak M.Said telah menerima amanah penyerahan hibah secara lisan oleh Ambo’ Pasir yang terjadi pada tahun 1940 (tanggal dan bulan tidak dirincikan oleh M.Said.

 

Sebelum pembangunan lapangan sepak bola dilaksanakan, untuk menjaga kemungkinan yang tidak diharapkan dikemudian hari (komplain dan kisruh ahli waris) maka H.Muchmid RHP menyarankan bapak M. Said dan meminta kepada beliau agar menghadirkan ahi waris dari Ambo’ Pasir (anak-anak beliau), yaitu Ambo Ali (Ambo’ Toeloek) yang bertempat tinggal di Pontianak, agar dijelaskan bahwa tanah Ambo’ Pasir tersebut telah di hibahkan Ambo’ Pasir kepada M.Said (Kepala Kampong Jungkat) seminggu kemudian Ambo’ Toeloek datang ke Balai Desa Jungkat, pada saat itu bapak M.Said tidak ada di tempat yang ada hanya Bapak M.Ali Said (juru tulis Balai Desa Jungkat) juga pada saat itu H. Muchmid RHP ikut hadir bersama bapak M.Basuni H.M. Arif.


Dijelaskan oleh M. Ali Said tentang tanah yang dihibahkan kepada M. Said akan dibangun lapangan sepak bola Jungkat, kemudian Ambo’ Toeloek mengatakan tanah tersebut kalau memang dihibahkan dan diamalkan kepada Orang tua kami untuk kepentingan masyarakat banyak, maka pembangunan lapangan sepak bola tersebut dilaksanakan dengan pesan (amanah ahli waris) mohon kepada Bapak Muchmid, agar tanah yang lain tidak usah di ganggu.


Kemudian H. Muchmid RHP ditunjuk oleh M. Said menjadi ketua pelaksana pembangunan lapangan sepak bola tersebut dan kemudian mereka pergi ke tanah yang akan dijadikan lapangan sepak bola bersama dan M. Said untuk secara simbolis melakukan penyerahan hibah tanah tersebut dihadiri dan disaksikan langsung oleh Ambo’ Ali (Ambo’Toeloek).


Adapun kegiatan gotong royong tersebut dilaksanakan pada Akhir  bulan Oktober, 1965, selama tiga kali gotong royong .

Pada saat gotong royong pengerjaan  Pembangunan lapangan sepak bola tersebut saya .H.Muchmid RHP,dipanggil CPM.untuk menjelaskan status lapangan bola yang sedang dikerjakan masyarakat,kepada anggota CPM,yang pada saat itu memeriksa.H Muchmid mengatakan bahwa tanah yang terletak dipinggir jalan Raya Jungkat yang saat ini disebelah barat bangunan adalah Kantor UPL,KB/BP. Paudni.sebelah timur terdapat rumah penduduk,jalan Pejuang. Disebelah Utara ada bangunan  SMP.N.1.


Selanjutnya dari informasi tersebut beberapa waktu kemudian H.Muchmid RHP dan M.Basuni H.M. Arif langsung ke Balai Desa Jungkat untuk menemui M. Said, sesampainya di Balai Desa Jungkat ternyata M. Said tidak ditempat, hanya bertemu dengan Bapak M.Ali Said (juru tulis Balai Desa Jungkat), kemudian H.Muchmid RHP, M.Basuni H.M. Arif dan M.AliSaid menemui kepala kampung Bapak M.Said di rumah kediaman di Parit H.Amin Jungkat.


Dari pertemuan tersebut, Bapak M.Said yang menjabat kepala kampung pada saat itu dalam keadaan sehat, tanpa tekanan, ikhlas dan sadar menyampaikan secara lisan kepada H.Muchmid RHP, M.Basuni H.M. Arif dan M.Ali Said bahwa tanah tersebut dihibahkan kepada masyarakat Jungkat (pada saat itu era 1965, hibah secara lisan banyak terjadi dikarenakan kejujuran dan kepercayaan masih digunakan sebagai jati diri). Sebagai pejabat kepala kampung pada saat itu bapak M.Said berani menyampaikan hibah tersebut kepada H.Muchmid RHP, M.Basuni H.M. Arif dan M.Ali Said dikarenakan Bapak M.Said telah  amanah penyerahan hibah secara lisan oleh Ambo’ Pasir yang terjadi pada tahun 1940 (tanggal dan bulan tidak dirincikan oleh M.Said).


” H.Mas Rubeni,Sebelum pembangunan lapangan sepak bola dilaksanakan, untuk menjaga kemungkinan yang tidak diharapkan dikemudian hari (komplain dan kisruh ahli waris) maka H.Muchmid RHP menyarankan bapak M. Said dan meminta kepada beliau agar menghadirkan ahi waris dari Ambo’ Pasir (anak-anak beliau), yaitu Ambo Ali (Ambo’ Toeloek) yang bertempat tinggal

di Pontianak, agar dijelaskan bahwa tanah Ambo’ Pasir tersebut telah di hibahkan Ambo’ Pasir kepada M.Said (Kepala Kampong Jungkat) seminggu kemudian Ambo’ Toeloek datang ke Balai Desa Jungkat, pada saat itu bapak M.Said tidak ada di tempat yang ada hanya Bapak M.Ali Said (juru tulis Balai Desa Jungkat) juga pada saat itu H. Muchmid RHP ikut hadir bersama bapak M.Basuni H.M. Arif.


Dijelaskan oleh M. Ali Said tentang tanah yang dihibahkan kepada M. Said akan dibangun lapangan sepak bola Jungkat, kemudian Pernyataan ini sangat tidak beralasan karena dari bukti-bukti yang ditanda tangani oleh Ambok Toeloek Pasir maupun Hj. Fatimah tidak ada menyebutkan bahwa Lapangan Sepak Bola Jungkat yang hanya dipinjamkan,” Ungkap nya.


Yang menjadi pertanyaan kita semua,bahwa tanah lapangan bola ini sudah adanya Penerbitan surat SPT atas nama saudari Dewi Inafiah tidak tercatat di register Kantor Desa Jungkat maupun pertinggal alas hak (berupa arsip dikanor Desa Jungkat) .Diterbitkannya Sertifikat tanah No 998 atas nama Dewi Inafiah tahun 2011.


” Sebagai warga masyarakat Jungkat kami pernah menanyakan prihal penerbitan sertifikat tersebut kepada Kepala BPN kabupaten Mempawah yang pada saat itu dijabat oleh ISWAN.


selanjutnya dijelaskan oleh kepala BPN Mempawah penerbitan sertifikat tanah tersebut secara seporadik atas penjelasan kepala BPN ini jelas bertentangan dengan PP No 24 tahun 1997 dan bukti yang ada bahwa lahan lapangan sepak bola ini sudah tercatat di desa atau kampung dengan nomor surat 01/Pem.-/I/1980.


Waktu pengajuan dan Penerbitan sertifikat tanah No. 998 hanya 15 hari sangat tidak prosudural, karena adanya kerancuan didalam penerbitan sertifikat No. 998 atas nama saudari Dewi Inafiah tutur H.mas rubeni.


” Heru Ramdani. SH., Selaku kuasa hukum Pendamping warga dan Pengurus lapangan sepak bola Dharma Bhakti Jungkat menjelaskan, bahwa kami juga merasa, Adanya pengaduan dugaan tindak pidana pengancaman oleh saudara Harso Utomo Suwito melalui kuasa saudari Tuti Suparti tertanggal 10 November 2021 di POLDA Kal Bar, dan ini menurut Heru. tanda kutif menjadi pertanyaan besar bagi Klain kami khususnya warga Jungkat berkenaan pengaduan tersebut” karena klaein  kami sama sekali tidak pernah mengenal saudara Harso Utomo Suwito apalagi mengancam yang bersangkutan atau siapapun yang ada hubungan apapun dengan saudara Harso Utomo Suwito, serta kami tidak pernah tahu apa hubungan beliau dengan lahan lapangan sepak bola, hal itu karena dari keterangan yang telah Klaein kami jabarkan diatas tidak ada satu pernyataan bahwa Harso Utomo Suwito memiliki hubungan kekeluargaan dan atau surat kewarisan dan atau surat kepemilikan lahan tanah lapangan bola Dharma Bhakti jungkat ini.ucap Heru.


“Lanjut, Heru Ramdani , menjelaskan bahwa dimana berkas lahan tanah Jungkat, tanggal 04 Desember 2021 Yang membuat Risalah H. Mas Rubenimbo’ Toeloek mengatakan tanah tersebut kalau memang sudah dihibahkan dan diamalkan kepada Orang Tua Klain kami untuk kepentingan masyarakat banyak, maka pembangunan lapangan sepak bola tersebut dilaksanakan dengan pesan (amanah ahli waris) mohon kepada Bapak Muchmid, di agar tanah yang lain tidak usah di ganggu.


Kemudian H. Muchmid RHP ditunjuk oleh M. Said menjadi ketua pelaksana pembangunan lapangan sepak bola tersebut dan kemudian mereka pergi ke tanah yang akan dijadikan lapangan sepak bola bersama dan M. Said untuk secara simbolis melakukan penyerahan hibah tanah tersebut dihadiri dan disaksikan langsung oleh Ambo’ Ali (Ambo’Toeloek).


Adapun kegiatan gotong royong tersebut dilaksanakan pada akhir  bulan Oktober 1965, selama tiga kali gotong royong.Pada saat gotong royong pengerjaan pembangunan lapangan sepak bola tersebut saya H. Muchmid RHP dipanggil CPM untuk menjelaskan status lapangan bola yang sedang dikerjakan masyarakat. Kepada anggota CPM yang pada saat itu memeriksa H.Muchmid, Pernyataan ini sangat tidak beralasan karena dari bukti-bukti yang ditanda tangani oleh Ambok Toeloek Pasir maupun Hj. Fatimah tidak ada menyebutkan bahwa Lapangan Sepak Bola Jungkat yang hanya dipinjamkan, ungkap keterangan ini yang dijelaskan mas Rubeni.


Heru Ramdani juga akan melakukan upaya hukum karena sudah menganggap sertifikat dari pihak sebelah cacat hukum secara formal, juga akan melakukan pelaporan keepada Satgas mafia tanah di Kalimantan Barat untuk menghapus serta menghukum mafia tanah di Indonesia, khususnya di kalbar terang Heru.


Dan Heru Ramdani.SH., Bersama-sama Warga jungkat akan mendatangi kantor BPN pertanahan Mempawah, karena kami sudah mengajukan Pemblokiran Sertifikat tanah No 998 atas nama Dewi Inafiah tahun 2011. Tutur, nya.


Dan juga ditempat Lokasi Aksi Damai, Ibu Hj. Sri Tuti Amalia  Anggota DPRD Komisi II,dari Fraksi Golkar, Kabupaten Mempawah yang mendampingi warga dilokasi,  menjelaskan bahwa sudah pernah menikmati lapangan bola untuk fasilitas umum, seperti untuk kegiatan 17 Agustus, juga sering kita adakan kegiatan untuk Pramuka serta mendirikan tenda-tenda. Pesannya, meminta agar dari pihak BPN untuk mengkaji lagi tentang penerbitan sertifikat tanah yang dikeluarkan oleh BPN  tersebut.. karena sangat disayangkan ,serta mengingat bahwa saya selaku perwakilan warga dan juga berasal dari sini, desa jungkat ,Knapa selama sudah beberapa tahun yang lalu sudah kita nikmati lapangan ini, ternyata sudah Ada terbit sertifikat tahun 2011,Apkah ini sudah Sesuai Prosedur, sungguh Anehh.Ungkap Ibu Hj.Sri Tuti Amalia.Pungkas, nya.


( Moel Radar Metro )

COMMENTS

Nama

(Lombok Tengah),655,(Praya Tengah,4,5erkini,1,a,1,Abepura,1,abu dhabi,5,Aceh,120,Aceh barat,1,aceh besar,4,Aceh singkil,28,ACEH TENGAH,3,aceh timur,9,Aceh Utara,8,adepura,1,adv,1,Aek Kanopan,3,agam(Sumbar),20,Ambon,2,Amuntai,3,anabas,1,anambas-kepri,16,ankara,1,ANTERO,1,anyer,1,Artikel,9,asahan,372,ASMAT,1,atambua,1,babakan,2,babel,1,badau(kalbar),2,badung,4,bagansiapiapi,2,bajawa,1,Balai Karangan,1,balai pungut Pinggir,1,balai raja pinggir,2,balangan,1,Bali,30,Balikpapan,4,Banda Aceh,33,bandar lampung,78,Bandung,204,bandung barat,7,Banggai,2,Banggai Kepulauan,1,Bangka belitung,5,bangka selatan(babel),19,bangkalan,3,bangkinang,2,banjar,1,Banjarbaru,1,banjarmasin,9,Banjarnegara,2,bantaeng,1,banten,26,bantul,3,Banyumas,5,Banyuwangi,40,bappenas,6,barabai,1,BARABATU PANGKEP,1,Barelang,4,Barito Selatan,2,Barito utama,1,barito utara,1,barru,1,batam,745,batang,155,BATAVIA,1,Bathin Salopan,16,Bathinsolapan,1,Batu Ampar,4,Batu Panjang Rupat,4,batubara,41,batukliang utara,1,Batunyala,1,beirut,1,bekas,1,Bekasi,60,belawan,4,belitang,1,belitung,3,belu,2,bengkalis,160,bengkayang,92,bengkulu,3,bengkulu utara,7,berastagi,1,BERAU,4,berita terkini,566,Bima,5,binjai,5,bintan,185,Bireuen,176,biru biru,1,bisnis,4,bitung,1,Blitar,3,BLORA,57,Bobong,1,Bogor,84,bojonegoro,1,bolmong,1,Bolmut,2,bondowoso,691,bone,2,boven digoel,1,boyolali,79,brandan barat,1,Brang Ene(Sumbawa Barat),10,brebes,9,bukit barisan,1,BUKITTINGGI,24,bulukumba,1,BULUNGAN,1,buol,2,Business,1,Calang,1,Catatan RM,2,ciamis,9,cianjar,1,Cianjur,110,cibinong,1,cikalong,1,Cikampek,4,Cikarang,7,cikopo,1,cilacap,9,Cilegon,25,cimahi,6,Cirebon,42,dabo singkep,6,daera,3,Daerah,291,dairi,2,deiyai,1,Deli Serdang,254,Denpasar,28,depok,165,dewan pers,1,DIY,5,dolok sanggul,1,dompu,1,Donggala,4,DPI,2,DPRD Bekasi,28,DPRD Kab. Bekasi,11,DPRD KOTA BEKASI,10,Dubai,6,dumai,28,dumaring,1,Dungun Baru Rupat,1,duri,9,duri barat,1,Duri(Mandau),86,Ekonomi,57,enrekang,1,entikong,58,galang,3,Garut,143,Geragai,1,Global,3,Gorontalo,198,Gowa,10,Gresik,31,grobogan,4,Gunung kidul,2,Gunung Meriah,1,gunung puyuh,1,gunung sitoli,3,Halmahera Barat,3,halmahera selatan,1,halmahera tengah,1,halmahera timur,1,hamparan perak,15,Hateng,1,Health Info,2,Humas Beltim,3,Humbahas,6,Hutan Panjang(Rupat),4,i,1,Indonesia,2,indragiri,1,Indramayu,8,Indrapura,1,informasi,1,INHIL,1,inhu,2,ini,1,Internasional,29,itali,1,jabar,10,jabodetabek,1,Jagoi Babang,1,jakara,10,jakarta,2823,jakarta barat,17,jakarta timur,5,jakarta utara,1,jambi,5,Janapria(Lombok Tengah),15,jateng,4,Jatim,5,Jawa barat,149,Jawa tengah,9,Jawa Timur,11,Jayapura,42,jayawijaya,1,Jeddah,1,Jember,402,Jembrana,1,Jeneponto,17,Jenggik Utara(Lombok timur),3,Jepara,7,Jogja,1,Johannesburg,1,jombang,1,kab,1,Kab Bandung,69,kab. Bandung,7,Kab. Bekasi,31,Kab. Langkat,285,Kab. Mimika,24,kab. musi rawas,151,Kab. Pekalongan,4,kab. pemalang,7,kab. polman,6,Kab. Seluma,43,kab. Subang,2,Kab. Wajo,5,kab.bandung,16,kab.bekasi,10,kab.bengkalis,52,kab.bogor,3,kab.keerom(Papua),5,kab.kubu,3,kab.kubu raya(kalbar),1243,Kab.Nganjuk,60,kab.pemalang,3,Kab.Semarang,2,kab.sintang,154,kab.Tangerang,3,kab.Tegal,78,Kabar Rohul,2,Kabupaten Bireuen-Aceh,26,Kabupaten Pelalawan,1,kalbar,127,Kalembu Kaha(NTT),1,kalideres,1,kalimantan barat,18,kalimantan selatan,2,kalimantan timur,2,kalimantan utara,1,KALSEL,3,Kalteng,15,Kaltim,10,kaltra,2,kampar,72,Kandangan,1,Kao Teluk,1,KAPUAS,6,Kapuas Hulu,53,karanganyar,2,karangasem,6,Karawang,60,Karimun-Kepulauan Riau,207,karo,2,Katingan,20,kaur,2,Kayong Utara,9,kayuagung,2,Kebumen,1,kediri,22,Keerom,3,Kementerian PPN/Bappenas,89,kendari,4,KENDARI(SULTRA),38,kenyam,1,kepri,118,keprri,5,Keranji paidang,1,Keruak(Lombok Timur),2,kerumak,1,ketapang,156,kisaran,1,klaten,60,klungkung,7,kolaka timur,2,konawe,2,kota bima,1,kota pekalongan,4,Kotabumi,1,kotawaringin barat,1,Kotawaringin Timur,1,kotim,1,koto tengah,1,koyang utara,1,Kuala Behe,6,Kuala kapuas,11,kuala lumpur,1,Kuala Pembuang,20,kualuh hulu,1,kubu raya,33,kudus,5,Kulim Bathinsolapan,2,Kuliner,3,kuningan,8,Kupang,12,Kutai Kartanegara,1,kutai timur,1,kutim,1,l,1,Lab. Wajo,1,labuhan bajo,2,labuhan batu,359,labuhan batu utara,3,labuhan haji,5,Labura,46,Labusel,12,lagoi,1,lagon,2,laguboti,1,lamboya (NTT),1,lamongan,3,lampok(sumbawa barat),1,lampung,63,Lampung Selatan,12,Lampung Tengah,481,lampung timur,12,lampung utara,37,lampura,6,landak,7,landak(Kalbar),347,lando(Terara Lombok Timur),1,langkat,31,langsa,1,Lantamal V,807,lantamal x,244,lawang kidul,2,lebak,23,lemo morut,1,lesung batu,1,Lhokseumawe,10,Lhoksukon,3,Limapuluh Kota,12,LINGGA,472,LOBOK TIMUR,1,LOMBOK,2,lombok barat,36,lombok tengah,84,Lombok timur,513,lombok utara,2,los angeles,1,loteng,2,loteng(NTB),7,loteng),1,lubuk pakam,5,Lubuklinggau,91,Lumajang,38,Luwu,8,luwu timur,1,luwu utara,13,Luwuk Banggai,2,Maddaremmeng,1,Madina,2,Madiun,6,madura,1,magelang,7,magetan,1,Majalengka,697,majene,72,makassar,27,mako kodiklatal,1,malaka,1,malang,7,malang selatan,1,Maluku,2,maluku tengah,3,Maluku Utara,5,Mamberamo Raya,1,Mamberamo Tengah,1,Mamuju,27,mamuju tengah,6,Manado,10,mancanegara,1,Mandau,4,Mandor,2,manduamas,1,Manemeng (Sumbawa Barat),4,manokwari,19,marindal,1,maroko,2,Maros,82,mataram,9,mataram(ntb),24,mateng,1,Medan,851,Melawi,8,MELAWI(KALBAR),193,meliau,1,Mempawah,45,Mengkopot,4,menjalin,38,merak,7,Merangin,1,meranti,10,Merauke,6,MESUJI,43,metro lampung,3,MEULABOH,3,Minahasa,1,mojokerto,8,Montong Gading (Lombok Timur),2,Morowali,9,Morowali Utara,3,morut,4,muara,2,Muara Basung Pinggir,4,Muara Enim(Sumsel),80,muara medak,5,muara tami,1,muara teweh,3,muba,20,Muko Muko,27,mukomuko,80,mukoq,1,Muna barat,1,Muna(Sultra),1,mura(sumbawa barat),1,MURATARA,166,murung jaya,1,murung raya,1,musi banyuasin,44,musirawas,57,Nabire,1,nagan raya,3,Nanga Mahap,1,Nanga Pinoh,2,Nasional,40,Natuna(Kepri),38,New York,1,News,187,ngabang,2,Nganjuk,41,Ngawi,2,nias selatan,6,NTB,36,nternasional,1,NTT,5,Nunukan,128,oku selatan,2,Oku Timur(Sumsel),15,Olahraga,1,opini,7,Otomotif,3,P.SUSU,13,Pacitan,1,padalarang,1,Padang,7,padang genting,1,padang pariaman,1,padangsidempuan,13,pagaralam,15,pakpak,1,Palangka raya,46,Palas,1,Palas (Lampung Selatan),3,palelawan,7,Palembang,48,palimanan,1,palopo,2,palu,12,Pamekasan,2,pancur batu,4,Pandeglang,454,Pangandaran,26,Pangkal Pinang,8,pangkalan brandan,1,pangkalan bun,2,Pangkep,2,panyabungan,1,Papua,74,papua barar,2,papua barat,13,parapat,4,Parepare,3,Parimo,10,Pariwisata,31,pasaman barat,2,pasangkayu,9,Pasuruan,5,pati,4,Payakumbuh,2,pegunungan bintang,1,pekalongan,42,Pekanbaru,355,pelalawan,1,Pemkab Bekasi,17,PemkaPelalawan,1,Pemkot Bekasi,1,PEN Sdm,1,Pendidikan,51,Pengumuman,8,peristiwa,75,pesawaran,4,Pessel,2,Pidie,1,pidie jaya,2,Pilkada,6,pinggir,7,pinrang,14,polda kalbar,1,Polda Kalteng,3,Polewalimamdar,1,Polewalimandar,3,Polhukam,158,politik,13,Polman Sulbar,32,polres Pekalongan,248,polres Sekadau,488,Polsek Belitang,21,Polsek Belitang Hulu,3,polsek Sekadau,3,Polsek Sekadau Hilir,5,Polsek Sekadau Hulu,6,Ponorogo,5,Pontianak,13,pontianak(kalbar),687,porsea,1,Poso,2,prabumulih,1,praya,3,pringsewu,145,Probolinggo,1,prov. Aceh,1,Prov.Papua,1,pulang pisau,3,Pulau Berhala,1,puplis,1,Purwakarta,70,purwokerto,1,Purworejo,2,puspenerbal,1,putussibau,4,Pyongyang,1,q,1,rabat,2,rada,2,radar metro,905,ragam,5,rambah samo,2,ranai.,2,Randublatung,3,rantau rasau,1,Rasau Jaya,2,Regional,31,rejang lebong,3,Rembang,1,Riau,37,rimo,1,Rohil,5,ROHUL,7,rokan hilir,5,Rokan Hulu,551,rote ndao,31,rundeng,1,rupat,68,rupat utara,78,Sabas,1,saham,1,sakra barat,2,Sakra(Lombok Timur),4,Salatiga,2,samalanga,1,samarinda,10,sambas,96,samosir,2,sampang,127,sampit,6,sanana,47,sanggau,660,sangkar,1,satbrimob,1,Sebanga Pinggir,2,sebangki,11,sekadau,102,Sekadau Hilir,7,Sekadau Hulu,1,sekayam,15,selayar,1,selebritis,8,selong,5,selopan,4,seluma,5,Seluma Utara,1,Semarang,35,Sengah Temila,3,sentani,1,seputihbanyak,1,serang,170,serdang bedagai,5,siak,15,siak hulu,1,siantar,6,sibolga,3,sidas,2,sidikalang,2,Sidoarjo,25,sidrap,1,Sigi,23,silangit,1,Simalungun,266,simeule,1,singaraja,1,singkawang,68,singkil,9,Sinjai,1,sintang,101,situbondo,19,slawi,2,Sleman,4,solapan,1,solo,6,Solok,1,Solok selatan,1,sopeng,1,Soppeng,3,sorong,10,sorong selatan,18,sragen,41,stabat,27,subang,36,subulussalam,166,suka Makmue,1,Sukabumi,187,sukadana,2,sukoharjo,19,sukowono,1,Sulawesi Selatan,2,sulbar,3,sulsel,21,sULTENG,8,sultra,3,Sulut,2,Sumba Barat(NTT),8,sumbar,8,sumbawa,6,sumbawa barat,10,Sumedang,8,Sumenep,100,Sumsel,9,sumut,10,sungai kakap,3,SUNGAI RAYA,1,Surabaya,89,surakarta,25,surakata,2,tabanan,2,takalar,1,talang muandau,3,Taliabu.,43,talisayan,20,taliwang(Sumbawa Barat),8,tambang,1,tana tidung,4,tanah datar,1,tanah jawa,2,tandem hilir,1,tangerang,32,Tangerang Selatan,8,tanggamus,3,Tanjabtim,29,Tanjung agung,1,tanjung balai,2,tanjung batu,2,TANJUNG MEDANG,9,tanjung morawa,9,TANJUNG PINANG,3,tanjung pinang (Kepri),722,tanjung punak,5,tanjung selor,3,tanjung uban,26,TANJUNGPINANGKEPRI,1,Tapanuli Selatan,1001,tapteng,2,tapung hilir,1,TAREMPA(KEPRI),2,Tasikmalaya,114,tayan hilir,1,tayan hulu,3,tebing tinggi,395,tebingtinggi,49,Technology,12,Teekini,4,tegal,18,Tekini,4,teluk kapuas,1,temajuk,4,temanggung,1,Terikini,1,Terindikasi,1,Terintegrasi,1,Terjini,1,Terk,1,TERKI,2,Terki i,4,Terkibi,1,Terkiji,1,Terkiki,1,Terkimi,2,Terkin,8,Terkini,27933,Terkinii,2,TERKINIM,3,Terkinj,1,Terkink,1,Terkino,7,Terkinu,2,Terkirni,1,Terkuni,1,Termini,4,Ternate,2,ternate selatan,1,Tertkini,1,Tetkini,2,tigaraksa,1,timika,9,toba,8,tolikara,1,Tolitoli,12,toraja utara,1,trenggelek,8,Trkini,1,Trrkini,2,Tubaba,4,tubabar,1,tuban,1,tulang bawang,78,Tulang Bawang Barat,16,tulang bawang barat (lampung),9,Tulangbawang,18,tulungagung,1,Twrkini,1,ujung batu,2,Waibakul-NTT,1,Waikabubak(NTT),5,wakatobi,1,Walla Ndimu(NTT),3,wamena,1,Way Kanan,380,Wonogiri,2,Wonosobo,1,yalimo,2,Yogyakarta,24,
ltr
item
Radar Metro: SHM,No.998.Atas Nama Dewi Inafiah Diduga Cacat Hukum
SHM,No.998.Atas Nama Dewi Inafiah Diduga Cacat Hukum
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh-qb5b115JtntHlRFzIt6i6Z63ZAy1MkUFefXy8z-q3FbXRe_NbM8AVlTPUHqqhIZwvXxSH06p9ScN4za6pt5ZLDum_MwSVq9pC3mpZtReRFUWrdFEF1PuftEtMYue5HN_yJgK2hzH_otyccqp2JPITe9vRGmIt2F2ObUw6jVXAa_8vjawf6_y1fyJUw=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh-qb5b115JtntHlRFzIt6i6Z63ZAy1MkUFefXy8z-q3FbXRe_NbM8AVlTPUHqqhIZwvXxSH06p9ScN4za6pt5ZLDum_MwSVq9pC3mpZtReRFUWrdFEF1PuftEtMYue5HN_yJgK2hzH_otyccqp2JPITe9vRGmIt2F2ObUw6jVXAa_8vjawf6_y1fyJUw=s72-c
Radar Metro
http://www.radarmetro.net/2021/12/shmno998atas-nama-dewi-inafiah-diduga.html
http://www.radarmetro.net/
http://www.radarmetro.net/
http://www.radarmetro.net/2021/12/shmno998atas-nama-dewi-inafiah-diduga.html
true
9158309300093259471
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy