Hari Anak Sedunia 2021, Ketua KPK ; Bersama Membangun Komitmen dan Dedikasi Untuk Bangsa Indonesia

Jakarta,RM Hari ini, Sabtu 20 November 2021, anak-anak di seluruh penjuru dunia khususnya di Indonesia, kembali memperingati Hari Anak Sedun...


Jakarta,RM

Hari ini, Sabtu 20 November 2021, anak-anak di seluruh penjuru dunia khususnya di Indonesia, kembali memperingati Hari Anak Sedunia 2021.  


"A Better Future for Every Child" atau masa depan yang lebih baik untuk setiap anak" yang menjadi tema besar peringatan tahun ini, seyogianya kita jadikan momentum untuk lebih memperkuat dedikasi kita para orang tua dan seluruh eksponen masyarakat, bangsa dan negara dalam melindungi anak-anak dari ragam persoalan bangsa yang dapat mengancam masa depannya kelak. 


Jelas dan pasti, korupsi serta perilaku koruptif adalah salah satu permasalahan besar bangsa yang sangat mengancam masa depan anak-anak Indonesia, mengingat penyakit kronis tersebut masih dianggap laten atau budaya di republik ini, ujar Ketua KPK H. Firli Bahuri dalam press releasenya yang diterima redaksi, sabtu 20/11 pagi.


Firli KPK menuturkan bahwasanya melindungi anak-anak dari persoalan laten korupsi dan perilaku koruptif, seyogianya adalah tanggung jawab kita bersama, bukan hanya para orang tua atau keluarga semata. 


Seluruh elemen dan eksponen bangsa di republik ini, wajib turut serta menjadi bagian dari keluarga besar dengan memberikan kontribusi positif dalam proses 'asah, asih dan asuh' anak-anak Indonesia, generasi penerus masa depan bangsa agar mereka terbebas dari bahaya laten korupsi dan perilaku koruptif, ungkap Ketua KPK


Selain ilmu pengetahuan, Firli menyebut bahwa nilai-nilai ANTIKORUPSI seyogianya kita semaikan kedalam hati sanubari serta pikiran anak-anak Indonesia sedini mungkin, untuk menumbuhkan budaya ANTIKORUPSI dalam diri mereka agar negeri memiliki generasi penerus masa bangsa yang memiliki karakter kuat, berintegritas, cerdas, berperilaku jujur, adil, sederhana serta memiliki moral dan etika yang baik. 


Hanya dengan menanamkan nilai-nilai ANTIKORUPSI, generasi bangsa ini dapat terlepas dari pengaruh buruk korupsi dan perilaku koruptif yang telah berurat akar di republik ini, terang Firli.


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memandang jalur pendidikan sangat penting dan menjadi urat nadi serta elemen vital dalam upaya membangun karakter serta integritas anak bangsa, agar ruh ANTIKORUPSI senantiasa bersemayam dan bergelora di jiwa dan raga anak-anak Indonesia, ungkap Ketua KPK H. Firli Bahuri.


Maka atas dasar itulah, KPK memasukkan pendidikan sebagai salah satu "national interest" dalam Rencana strategi tahun 2019-2024 dan road map KPK 2022-2045. 


Bukan hanya itu lanjut Firli... KPK juga menempatkan pendidikan sebagai bagian utama dalam Trisula pemberantasan korupsi yang menjadi core bussiness KPK. 


Dengan menggunakan jejaring pendidikan formal maupun non formal mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga Peguruan Tinggi.


KPK telah memasukan unsur dan nilai-nilai pendidikan ANTIKORUPSI kepada generasi penerus bangsa ini sejak dini, remaja hingga dewasa untuk membentuk sekaligus menjaga karakter serta integritas setiap anak bangsa agar tidak terpengaruh dengan laten korupsi maupun perilaku koruptif. 


Harus bersama kita fahami, muara dari persoalan korupsi dinegeri ini adalah telah hilangnya nilai-nilai ANTIKORUPSI (jujur, berintegritas, peduli, mandiri, disiplin, tanggung- jawab, kerja keras, sederhana, berani, adil) dari dalam diri, sehingga siapapun yang kehilangan nilai-nilai tersebut, tentunya akan terpapar virus korupsi. 


Penting bagi kita untuk senantiasa menanamkan nilai-nilai ANTIKORUPSI agar mata batin anak-anak generasi penerus bangsa ini dapat melihat jernih, korupsi adalah jalan sesat, perbuatan maksiat yang hanya menyuguhkan kenikmatan sesaat dimana dosanya harus ditanggung dunia akhirat. 


Wajib bagi anak-anak untuk senantiasa menumbuhkan nilai-nilai ANTIKORUPSI dalam dirinya, agar mereka dapat memandang lebih jauh, bahwasanya korupsi adalah hal terhina dan aib nan tercela, bukan budaya apalagi kultur warisan leluhur bangsa. 


Selain itu, keluarga dirumah juga memiliki peran penting dalam proses pembentukan jatidiri anak-anak, untuk membentuk cluster-cluster ANTIKORUPSI dalam rangka memperkokoh ketahanan serta konsistensi nasional mewujudkan cita-cita, impian dan harapan NKRI lepas dari perilaku koruptif dan laten korupsi. 


Dimulai dari sebuah keluarga-lah, ruh ANTIKORUPSI yang senantiasa menyiratkan nilai-nilai kejujuran, kesederhanaan, moral dan etika, kita hembuskan kepenjuru kalbu setiap individu khususnya anak-anak untuk membentuk karakter keluarga ANTIKORUPSI. 


Jika dicermati secara utuh dalam kontek pembangunan pendidikan ANTIKORUPSI, ‘jiwanya’ adalah pendidikan karakter. Sebagaimana kita ketahui bahwa muara dari persoalan korupsi adalah hilangnya nilai-nilai ANTIKORUPSI dari dalam individu sehingga pendidikan ANTIKORUPSI wajib ditanamkan sedari dini kepada anak-anak Indonesia. 


Hal ini menjadi penting, mengingat pendidikan adalah senjata yang paling ampuh yang bisa digunakan untuk menanamkan nilai, membentuk karakter dan Budaya Antikorupsi serta menjadi peradaban Antikorupsi, harap Firli.


Pemberantasan korupsi telah dilakukan oleh Komisi Pemberantasan korupsi (KPK) bersama segenap elemen bangsa ANTIKORUPSI di Republik ini, melalui berbagai upaya, diantaranya dengan reformasi birokrasi, pembangunan zona integritas, perumusan organisasi, sinergitas antar lembaga dan lain sebagainya. 


Akan tetapi, upaya-upaya tersebut tentu tidak cukup bahkan jauh dari kata berhasil, apabila tidak di ikuti pergeseran mindset dan kultur bangsa untuk mengarah pada gerakan sosial nasional ANTIKORUPSI, sehingga korupsi dan perilaku koruptif bukan lagi dianggap kultur bangsa dan hal biasa yang dilakukan sejak dulu hingga saat ini di bumi pertiwi. 


Keluarga sebagai bagian dari basis masyarakat, adalah sasaran inti gerakan perubahan sosial budaya masyarakat Indonesia agar tak lagi melihat korupsi sebagai budaya apalagi menjadi kebiasaan dalam setiap tatanan kehidupan di republik ini. 


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  memiliki pandangan bahwa keluarga ANTIKORUPSI dapat mempengaruhi individu dan keluarga lainnya serta memiliki peran sentral dalam membangun budaya ANTIKORUPSI dalam masyarakat. 


Dari pandangan itulah, kami membuat Konsep Pembangunan Budaya Antikorupsi Berbasis Keluarga, dengan berbagai program dan kegiatan, antara lain gerakan PAK ( Penyuluh Anti Korupsi) , API ( Agen Pembangun  Integritas),  Paku Integritas ( Penguatan Anti Korupsi Untuk Penyelenggara Negara Berintegritas),  menerbitkan buku dengan tema Membangun Gen Aksi dari Keluarga Jujur Keluarga Bahagia.


Panduan Menumbuhkan Kejujuran kepada Anak Sejak Dini, Panduan Pelaksanaan Program Pencegahan Korupsi Berbasis Keluarga, sebagai acuan yang dapat diterapkan dalam setiap keluarga dengan tujuan membentuk karakter kuat yang menjunjung tinggi integritas, nilai-nilai kejujuran dan kesederhanaan dalam setiap generasi masa depan bangsa yang dilahirkan dalam sebuah keluarga. 


Secara eksplisit kami gambarkan bahwa dari sebuah keluarga, perubahan sikap, perilaku masyarakat akan terjadi, dan memunculkan tatanan sosial budaya dan kultur baru yang melihat korupsi sebagai musuh bersama, memandang perilaku koruptif adalah sesuatu yang hina, dan yang tak kalah penting membudayakan budaya ANTIKORUPSI dibumi pertiwi. 


Kami tegaskan, KPK hadir dalam rangka mengawal berjalannya tujuan negara, cita-cita didirikannya republik ini, yang tak lain untuk menciptakan kesejahteraan, kemakmuran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang cerdas bagi segenap bangsa dan rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, mulai Miangas hingga Pulau Rote. 


Mewujudkan tujuan negara adalah kewajiban kita bersama untuk memberikan kepastian masa depan lebih baik lagi bagi anak-anak Indonesia. 


kewajiban dan kepastian tersebut akan benar-benar terlaksana apabila NKRI benar-benar terbebas dari penyakit kronis korupsi. 


Kembali kami Ingatkan, menangkap koruptor adalah tugas KPK dan aparatur penegak hukum lainnya, namun mencegah korupsi sedini mungkin dengan menanamkan pendidikan ANTIKORUPSI untuk melindungi masa depan anak-anak generasi penerus bangsa dari pengaruh korupsi dan perilaku koruptif, adalah kewajiban mulia seluruh bangsa dan rakyat Indonesia. 


Insya Allah, segenap upaya dan daya KPK bersama seluruh elemen bangsa dalam melindung generasi penerus bangsa dari perilaku koruptif dan laten korupsi yang menggurita di republik ini, masa depan republik ini dan cita-cita serta tujuan negara dapat benar-benar terwujud, harapnya


Kepada anak-anakku diseluruh penjuru tanah air, kami ucapkan selamat memperingati dan merayakan Hari Anak Sedunia, Semoga Allah SWT, Tuhan Yang maha Esa senantiasa meridhai perjalanan panjang anak-anak Indonesia, generasi penerus masa depan bangsa yang dapat menjadi motor untuk mengakselerasi terwujudnya cita-cita Indonesia Jaya, Indonesia Sejahtera, Indonesia Makmur, Indonesia Aman, Damai, dan Berkeadilan. Tutup ketua KPK seraya mengucap salam

(R/Mhd)

COMMENTS



























Nama

(Lombok Tengah),233,(Praya Tengah,3,5erkini,1,a,1,abu dhabi,5,Aceh,118,Aceh barat,1,aceh besar,4,Aceh singkil,28,ACEH TENGAH,3,aceh timur,7,Aceh Utara,8,adepura,1,Aek Kanopan,3,agam(Sumbar),20,Ambon,1,Amuntai,1,anabas,1,anambas-kepri,15,ankara,1,ANTERO,1,anyer,1,Artikel,5,asahan,6,ASMAT,1,badau(kalbar),2,badung,3,bagansiapiapi,2,Balai Karangan,1,balai pungut Pinggir,1,balai raja pinggir,2,balangan,1,Bali,16,Balikpapan,4,Banda Aceh,28,bandar lampung,27,Bandung,145,bandung barat,5,Banggai,2,Banggai Kepulauan,1,Bangka belitung,5,bangkalan,3,bangkinang,2,banjar,1,Banjarbaru,1,banjarmasin,8,Banjarnegara,2,bantaeng,1,banten,16,bantul,3,Banyumas,5,Banyuwangi,24,bappenas,6,barabai,1,BARABATU PANGKEP,1,Barelang,4,Barito Selatan,1,Barito utama,1,barito utara,1,barru,1,batam,616,batang,137,BATAVIA,1,Bathin Salopan,16,Bathinsolapan,1,Batu Ampar,3,Batu Panjang Rupat,4,batubara,32,Batunyala,1,beirut,1,bekas,1,Bekasi,47,belawan,4,belitang,1,belitung,1,belu,1,bengkalis,160,bengkayang,57,bengkulu,1,bengkulu utara,7,berastagi,1,BERAU,4,berita terkini,566,Bima,3,binjai,3,bintan,172,Bireuen,176,biru biru,1,bisnis,4,bitung,1,Blitar,2,BLORA,41,Bobong,1,Bogor,66,bojonegoro,1,bolmong,1,Bolmut,2,bondowoso,67,bone,2,boven digoel,1,boyolali,8,Brang Ene(Sumbawa Barat),10,brebes,7,BUKITTINGGI,24,bulukumba,1,BULUNGAN,1,buol,2,Business,1,Calang,1,Catatan RM,2,ciamis,8,Cianjur,62,cikalong,1,Cikampek,2,Cikarang,7,cikopo,1,cilacap,9,Cilegon,25,cimahi,4,Cirebon,31,dabo singkep,4,daera,3,Daerah,291,dairi,2,Deli Serdang,43,Denpasar,22,depok,118,dewan pers,1,DIY,2,dolok sanggul,1,Donggala,4,DPI,2,DPRD Bekasi,28,DPRD Kab. Bekasi,11,Dubai,6,dumai,28,Dungun Baru Rupat,1,duri,9,duri barat,1,Duri(Mandau),86,Ekonomi,57,entikong,37,galang,1,Garut,126,Geragai,1,Global,3,Gorontalo,197,Gowa,10,Gresik,30,grobogan,2,Gunung kidul,1,Gunung Meriah,1,gunung puyuh,1,gunung sitoli,2,Halmahera Barat,3,halmahera selatan,1,halmahera tengah,1,halmahera timur,1,hamparan perak,11,Hateng,1,Health Info,2,Humas Beltim,3,Humbahas,6,Hutan Panjang(Rupat),4,Indonesia,2,indragiri,1,Indramayu,5,Indrapura,1,informasi,1,INHIL,1,inhu,2,ini,1,Internasional,29,itali,1,jabar,10,Jagoi Babang,1,jakara,5,jakarta,2130,jakarta barat,13,jakarta timur,1,jakarta utara,1,jambi,4,Janapria(Lombok Tengah),14,jateng,3,Jatim,5,Jawa barat,17,Jawa tengah,2,Jawa Timur,1,Jayapura,36,Jeddah,1,Jember,281,Jembrana,1,Jeneponto,15,Jenggik Utara(Lombok timur),3,Jepara,7,Jogja,1,Johannesburg,1,jombang,1,kab,1,Kab Bandung,69,kab. Bandung,7,Kab. Bekasi,31,Kab. Langkat,267,Kab. Mimika,24,kab. musi rawas,122,Kab. Pekalongan,4,kab. pemalang,7,kab. polman,6,Kab. Seluma,43,kab. Subang,2,Kab. Wajo,5,kab.bandung,12,kab.bekasi,5,kab.bengkalis,52,kab.bogor,3,kab.keerom(Papua),1,kab.kubu,2,kab.kubu raya(kalbar),944,Kab.Nganjuk,35,kab.pemalang,3,Kab.Semarang,2,kab.sintang,110,kab.Tangerang,3,kab.Tegal,78,Kabar Rohul,2,Kabupaten Bireuen-Aceh,26,Kabupaten Pelalawan,1,kalbar,96,Kalembu Kaha(NTT),1,kalideres,1,kalimantan barat,16,kalimantan selatan,2,kalimantan utara,1,KALSEL,2,Kalteng,15,Kaltim,8,kaltra,2,kampar,49,Kandangan,1,Kao Teluk,1,KAPUAS,6,Kapuas Hulu,35,karanganyar,2,karangasem,2,Karawang,51,Karimun-Kepulauan Riau,182,karo,2,Katingan,20,kaur,2,Kayong Utara,2,kayuagung,2,Kebumen,1,kediri,20,Keerom,2,Kementerian PPN/Bappenas,88,kendari,4,KENDARI(SULTRA),37,kepri,112,keprri,5,Keranji paidang,1,Keruak(Lombok Timur),2,kerumak,1,ketapang,26,klaten,53,klungkung,2,kota pekalongan,4,Kotabumi,1,kotawaringin barat,1,Kotawaringin Timur,1,kotim,1,Kuala Behe,6,Kuala kapuas,11,kuala lumpur,1,Kuala Pembuang,20,kualuh hulu,1,kubu raya,31,kudus,5,Kulim Bathinsolapan,2,Kuliner,3,kuningan,5,Kupang,12,Kutai Kartanegara,1,kutai timur,1,kutim,1,l,1,Lab. Wajo,1,labuhan bajo,2,labuhan batu,333,labuhan batu utara,3,labuhan haji,5,Labura,35,Labusel,12,lagoi,1,lagon,2,laguboti,1,lamboya (NTT),1,lamongan,3,lampok(sumbawa barat),1,lampung,39,Lampung Selatan,9,Lampung Tengah,242,lampung timur,1,lampung utara,35,lampura,5,landak,6,landak(Kalbar),214,lando(Terara Lombok Timur),1,langkat,13,langsa,1,Lantamal V,807,lantamal x,244,lawang kidul,2,lebak,23,lemo morut,1,lesung batu,1,Lhokseumawe,10,Lhoksukon,3,Limapuluh Kota,12,LINGGA,408,LOBOK TIMUR,1,LOMBOK,1,lombok barat,16,lombok tengah,83,Lombok timur,383,loteng,2,loteng(NTB),5,loteng),1,lubuk pakam,4,Lubuklinggau,57,Lumajang,35,Luwu,5,luwu timur,1,luwu utara,5,Luwuk Banggai,2,Maddaremmeng,1,Madina,1,Madiun,6,madura,1,magelang,3,magetan,1,Majalengka,486,majene,72,makassar,23,malang,3,Maluku,1,Maluku Utara,5,Mamberamo Raya,1,Mamuju,27,mamuju tengah,6,Manado,6,mancanegara,1,Mandau,4,Mandor,2,manduamas,1,Manemeng (Sumbawa Barat),4,manokwari,15,marindal,1,maroko,2,Maros,82,mataram,8,mataram(ntb),12,mateng,1,Medan,639,Melawi,6,MELAWI(KALBAR),178,meliau,1,Mempawah,32,Mengkopot,4,menjalin,38,merak,4,Merangin,1,meranti,10,Merauke,2,MESUJI,43,metro lampung,3,MEULABOH,3,Minahasa,1,mojokerto,6,Montong Gading (Lombok Timur),2,Morowali,7,Morowali Utara,2,morut,4,muara,2,Muara Basung Pinggir,4,Muara Enim(Sumsel),79,muara medak,5,muara tami,1,muara teweh,3,muba,19,Muko Muko,27,mukomuko,80,mukoq,1,Muna barat,1,Muna(Sultra),1,mura(sumbawa barat),1,MURATARA,166,murung jaya,1,murung raya,1,musi banyuasin,40,musirawas,28,Nabire,1,nagan raya,3,Nanga Mahap,1,Nanga Pinoh,2,Nasional,40,Natuna(Kepri),35,New York,1,News,187,ngabang,2,Nganjuk,12,Ngawi,2,nias selatan,5,NTB,25,nternasional,1,NTT,3,Nunukan,117,oku selatan,2,Oku Timur(Sumsel),14,Olahraga,1,opini,7,Otomotif,3,P.SUSU,12,Pacitan,1,padalarang,1,Padang,4,padang genting,1,padangsidempuan,13,Palangka raya,43,Palas,1,Palas (Lampung Selatan),3,palelawan,6,Palembang,43,palimanan,1,palopo,1,palu,11,Pamekasan,1,Pandeglang,444,Pangandaran,20,Pangkal Pinang,4,pangkalan brandan,1,pangkalan bun,2,Pangkep,1,panyabungan,1,Papua,59,papua barar,2,papua barat,11,parapat,1,Parepare,2,Parimo,7,Pariwisata,31,pasangkayu,9,Pasuruan,5,Payakumbuh,1,pekalongan,42,Pekanbaru,321,pelalawan,1,Pemkab Bekasi,17,PemkaPelalawan,1,Pemkot Bekasi,1,PEN Sdm,1,Pendidikan,51,Pengumuman,8,peristiwa,75,Pessel,2,Pidie,1,pidie jaya,2,Pilkada,6,pinggir,7,pinrang,11,polda kalbar,1,Polda Kalteng,3,Polewalimamdar,1,Polewalimandar,3,Polhukam,158,politik,13,Polman Sulbar,32,polres Pekalongan,248,polres Sekadau,488,Polsek Belitang,21,Polsek Belitang Hulu,3,polsek Sekadau,3,Polsek Sekadau Hilir,5,Polsek Sekadau Hulu,6,Ponorogo,4,Pontianak,13,pontianak(kalbar),388,porsea,1,Poso,2,praya,3,pringsewu,86,Probolinggo,1,prov. Aceh,1,Prov.Papua,1,pulang pisau,3,Pulau Berhala,1,puplis,1,Purwakarta,18,purwokerto,1,Purworejo,1,puspenerbal,1,putussibau,4,Pyongyang,1,q,1,rabat,2,rada,2,radar metro,904,ragam,5,rambah samo,2,ranai.,2,Randublatung,3,Rasau Jaya,2,Regional,31,rejang lebong,3,Rembang,1,Riau,32,rimo,1,Rohil,5,ROHUL,7,rokan hilir,3,Rokan Hulu,360,rote ndao,31,rundeng,1,rupat,68,rupat utara,78,Sabas,1,saham,1,sakra barat,2,Sakra(Lombok Timur),4,Salatiga,2,samalanga,1,samarinda,10,sambas,67,sampang,76,sampit,6,sanana,47,sanggau,413,satbrimob,1,Sebanga Pinggir,2,sebangki,11,sekadau,91,Sekadau Hilir,7,Sekadau Hulu,1,sekayam,11,selebritis,8,selong,3,selopan,4,seluma,5,Seluma Utara,1,Semarang,22,Sengah Temila,2,seputihbanyak,1,serang,152,serdang bedagai,5,siak,15,siak hulu,1,siantar,2,sidas,2,Sidoarjo,23,sidrap,1,Sigi,23,Simalungun,186,simeule,1,singkawang,47,singkil,8,Sinjai,1,sintang,48,slawi,2,Sleman,4,solapan,1,solo,6,Solok,1,Solok selatan,1,Soppeng,2,sorong,6,sorong selatan,18,sragen,2,stabat,27,subang,28,subulussalam,154,suka Makmue,1,Sukabumi,115,sukoharjo,7,Sulawesi Selatan,2,sulbar,3,sulsel,16,sULTENG,6,sultra,3,Sulut,1,Sumba Barat(NTT),8,sumbar,8,sumbawa,1,sumbawa barat,8,Sumedang,5,Sumenep,97,Sumsel,6,sumut,6,sungai kakap,3,SUNGAI RAYA,1,Surabaya,57,surakata,1,tabanan,1,takalar,1,talang muandau,3,Taliabu.,43,taliwang(Sumbawa Barat),8,tambang,1,tana tidung,2,tanah datar,1,tanah jawa,2,tangerang,27,Tangerang Selatan,5,tanggamus,3,Tanjabtim,17,Tanjung agung,1,tanjung balai,1,tanjung batu,2,TANJUNG MEDANG,9,tanjung morawa,4,TANJUNG PINANG,3,tanjung pinang (Kepri),648,tanjung punak,4,tanjung selor,3,tanjung uban,26,TANJUNGPINANGKEPRI,1,Tapanuli Selatan,1001,tapteng,2,TAREMPA(KEPRI),2,Tasikmalaya,56,tayan hilir,1,tayan hulu,3,tebing tinggi,316,Technology,12,Teekini,4,tegal,18,Tekini,3,teluk kapuas,1,temajuk,4,Terikini,1,Terindikasi,1,Terintegrasi,1,Terjini,1,Terk,1,TERKI,2,Terki i,3,Terkimi,1,Terkin,5,Terkini,20794,TERKINIM,3,Terkino,7,Terkinu,1,Terkirni,1,Terkuni,1,Termini,4,Ternate,2,ternate selatan,1,Tertkini,1,tigaraksa,1,timika,9,toba,2,tolikara,1,Tolitoli,12,toraja utara,1,trenggelek,7,Trrkini,1,Tubaba,2,tubabar,1,tulang bawang,76,Tulang Bawang Barat,16,tulang bawang barat (lampung),9,Tulangbawang,18,tulungagung,1,ujung batu,2,Waibakul-NTT,1,Waikabubak(NTT),5,Walla Ndimu(NTT),3,wamena,1,Way Kanan,330,Wonosobo,1,Yogyakarta,21,
ltr
item
Radar Metro: Hari Anak Sedunia 2021, Ketua KPK ; Bersama Membangun Komitmen dan Dedikasi Untuk Bangsa Indonesia
Hari Anak Sedunia 2021, Ketua KPK ; Bersama Membangun Komitmen dan Dedikasi Untuk Bangsa Indonesia
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjTlMMSar_vau6umK1ujIAgmM-COqDApNkB1jwrnl0kmFn7L4TvaAKHEtpcBIN1BuABRP4EUkKg8feOqUyjdlvYMDcMgk3BQlEUzz1b7kicVOkjiD_Ybh94vGWQJh-xO93-OcuOMKhScyvImlQ_ygb7dPpt3L9Pe21y0FzaNcX6W2kGMB1sa09fC6_Ewg=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjTlMMSar_vau6umK1ujIAgmM-COqDApNkB1jwrnl0kmFn7L4TvaAKHEtpcBIN1BuABRP4EUkKg8feOqUyjdlvYMDcMgk3BQlEUzz1b7kicVOkjiD_Ybh94vGWQJh-xO93-OcuOMKhScyvImlQ_ygb7dPpt3L9Pe21y0FzaNcX6W2kGMB1sa09fC6_Ewg=s72-c
Radar Metro
http://www.radarmetro.net/2021/11/hari-anak-sedunia-2021-ketua-kpk.html
http://www.radarmetro.net/
http://www.radarmetro.net/
http://www.radarmetro.net/2021/11/hari-anak-sedunia-2021-ketua-kpk.html
true
9158309300093259471
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy