Pencegahan Korupsi Di Lingkungan Pemasyarakatan

Palembang, Radar Metro Korupsi yang terjadi di Indonesia sudah ada sejak zaman sebelum Indonesia merdeka. Korupsi ibarat penyakit yang sulit...


Palembang, Radar Metro

Korupsi yang terjadi di Indonesia sudah ada sejak zaman sebelum Indonesia merdeka. Korupsi ibarat penyakit yang sulit untuk disembuhkan dan menjadi budaya di Indonesia. Jika kondisi seperti ini tetap dibiarkan, maka sudah dipastikan cepat atau lambat Negeri ini akan hancur. Upaya pemberantasan korupsi yang telah dilakukan oleh pemerintah sepertinya tidak menjadi momok yang menakutkan bagi pelaku korupsi. Pemberian hukuman yang ringan bagi pelaku tindak pidana korupsi di Indonesia tidak akan memberi efek jera bagi pelaku korupsi. Korupsi adalah perbuatan atau tindakan yang dilakukan seseorang dengan cara melanggar suatu norma dan hukum yang berlaku dengan menyalahgunakan suatu kekuasaan dan kesempatan yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan pribadi atau golongannya yang secara langsung maupun tidak langsung merugikan kepentingan dan keuangan negara/masyarakat. Dilihat dari defenisi korupsi diatas kita bisa menyimpulkan bahwa tindakan korupsi adalah penyalahgunaan wewenang atau kekuasaan guna untuk memperkaya diri sendiri dan untuk mendapatkan keuntungan pribadi atau golongan sehingga dapat merugikan kepentingan atau keuangan negara.

Dibutuhkan peran aktif masyarakat untuk memberantas Korupsi. Cara yang lebih ampuh lagi adalah penanaman nilai-nilai Anti Korupsi dimulai sejak dini dan memperkuat jiwa spiritual kita supaya terhindar dari Korupsi. Kita dapat memulainya dari diri sendiri dan memberikan contoh kepada orang lain untuk tidak korupsi.

Hal tersebut sangat perlu diimplementasikan di kehidupan sehari-hari karena tindakan korupsi ini tidak hanya terjadi di lingkungan pejabat saja melainkan dapat juga terjadi di lingkungan masyarakat umum. Apabila kita sudah masuk ke dalam celah korupsi dan terlibat sebagai pelaku korupsi, maka untuk keluar dari kebiasaan tersebut sangatlah sulit. Maka dari itu, kita sebagai insan Pemasyarakatan dan calon penerus bangsa perlu menanamkan nilai-nilai Anti Korupsi yang dapat kita mulai dari diri sendiri, dengan tujuan agar kita terhindar dari dampak negatif dan akibat yang ditimbulkan dari korupsi.

Penanaman nilai-nilai Anti Korupsi :

Menanamkan nilai kejujuran

Penanaman nilai kejujuran dalam diri merupakan salah satu upaya kita untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi. Kita dapat menanamkan perilaku jujur di dalam diri kita, itu berguna sebagai benteng pertahanan diri supaya tidak mudah melakukan korupsi. Dan juga kita bisa mengimplementasikannya di UPT-UPT Pemasyarakatan dimana tempat kita bekerja. Memberikan contoh dan menjadi suri tauladan kepada petugas lainnya.

Menanamkan sifat disiplin

Penanaman sifat disiplin dalam diri sendiri menumbuhkan kesadaran untuk memahami disiplin sebagai suatu aturan yang membimbing tingkah laku. Sifat dan tingkah laku yang wajar dapat menunjukkan sifat yang sungguh-sungguh untuk mentaati segala peraturan yang telah ditetapkan. Sifat disiplin juga menumbuhkan rasa malu kita untuk melanggar suatu aturan yang telah dibuat. Dalam prakteknya kita akan merasa malu ketika kita telat masuk kantor.

Menanamkan kerja keras

Kerja keras adalah menyelesaikan suatu pekerjaan yang diberikan dengan keikhlasan hati, dalam berbagai cara mengatasi semua hambatan dan tantangan, serta menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan sebaik-baiknya. Kerja keras dalam hal ini adalah Ketika kita diberi suatu pekerjaan, kita melakukan pekerjaan tersebut dengan bersungguh-sungguh dan ikhlas tanpa adanya rasa dongkol dan mengeluh. Sebagai insan Pemasyarakatan kita harus bekerja keras dalam membina Narapidana agar mereka tidak melakukan tindak pidananya lagi Ketika bebas dan berguna bagi masyarakat sekitar dan negara.

Menanamkan rasa tanggung jawab

Tanggung jawab merupakan tindakan seseorang dalam mengerjakan sesuatu yang diberikan dengan cara bersungguh-sungguh. Tanggung jawab berhubungan erat dengan integritas dan keprofesionalan seseorang dalam melakukan sesuatu pekerjaan. Apabila seseorang melakukan pekerjaan, maka ia harus menyelesaikannya dengan rasa tanggung jawab atas pekerjaan tersebut. Penanaman nilai tanggung jawab dalam diri sendiri membuat kita sebagai petugas Pemasyarakatan untuk selalu melakukan tugas dengan sebaik-baiknya dan memiliki rasa tanggung jawab atas pekerjaan tersebut. Hal tersebut nantinya akan membuat kita terbiasa dan mejadikan prinsip untuk senantiasa bertanggung jawab dan memenuhi peraturan yang berlaku. Sebagai contoh ketika kita diberi tanggung jawab mengawal Narapidana untuk membuang sampah diluar, kita lakukan pekerjaan tersebut sampai Narapidana tersebut selesai membuang sampah dan masuk lagi ke dalam Lapas.

Kemandirian

Mandiri adalah proses pendewasaan diri untuk tidak bergantung kepada orang lain dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya. Terbiasa menanamkan sifat mandiri dalam diri akan membuat kita tidak mudah bergantung pada orang lain. Ketika kita mendapatkan suatu pekerjaan kita melakukannya dengan rasa tanggung jawab dan bersungguh-sungguh tidak bergantung pada pertolongan orang lain. Bersikap mandiri juga dapat melatih diri sendiri untuk tidak bermalas-malasan dalam bekerja.

Menanamkan nilai sederhana

Sederhana adalah perilaku yang tidak berlebihan dan sesuai kebutuhan. Selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas apa yang telah didapat akan membentuk sifat kesederhanaan dalam hidup. Selalu menanamkan sifat kesederhanaan ini akan membuat kita merasa berkecukupan dalam hidup. Jangan terlalu memaksakan keadaan dan jangan budayakan perilaku konsumtif dalam diri, hiduplah secara normal, itu akan membuat kita terbiasa untuk hidup sederhana. Dengan menerapkan nilai sederhana ini, kita dapat terhindar dari perilaku Korupsi berupa pungli.

Keberanian

Sebagai petugas Pemasyarakatan kita harus mempunyai keberanian dalam mengambil sebuah keputusan. Kita harus dapat membedakan mana yang bagus dan mana yang buruk. Ketika kita menemukan sesuatu yang dianggap janggal dan menyalahi peraturan yang berlaku, kita harus berani menegur nya, jikalau masih melakukan sesuatu yang dilarang, kita harus berani melaporkannya kepada atasan kita.

Kepedulian 

Penanaman nilai kepedulian sangat penting bagi petugas Pemasyarakatan. Kita sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), harus mempunyai rasa kepedulian antar sesama ASN. Sebagai contoh seperti kita menolong rekan kerja yang mengalami kesulitan dll. Dengan kepedulian yang tinggi kita akan berpikir ulang terhadap tindakan yang akan kita lakukan, apakah indakan tersebut berdampak positif atau negatif.

Keadilan

Adil adalah bersikap sama, tidak memilih dan berpihak sebelah pihak. Sebagai insan Pemasyarakatan, perlu sekali ditanamkan sifat adil, supaya dapat belajar mempertimbangkan dan mengambil keputusan secara adil. Penerapan sifat adil di dalam kehidupan sehari-hari diperlukan guna untuk bisa lebih menghargai orang lain, dan tidak berpihak sebelah pihak. Memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan tidak memandang latar belakang seseorang tersebut. Dengan demikian membuat kita lebih bijaksana dalam mengambil sebuah keputusan dengan berbagai permasalahan yang semakin lama semakin kompleks dan sulit untuk diselesaikan. Sebagai contoh kita sebagai petugas Pemasyarakatan tidak boleh membeda-bedakan Narapidana kasus Korupsi dengan Narapidana lain.

Kepedulian 

Penanaman nilai kepedulian sangat penting bagi petugas Pemasyarakatan. Kita sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), harus mempunyai rasa kepedulian antar sesama ASN. Sebagai contoh seperti kita menolong rekan kerja yang mengalami kesulitan dll. Dengan kepedulian yang tinggi kita akan berpikir ulang terhadap tindakan yang akan kita lakukan, apakah indakan tersebut berdampak positif atau negatif.

Itulah tadi pembahasan singkat mengenai cara mencegah Korupsi. Tanamkan dalam diri sendiri untuk tidak melakukan Korupsi. Kita sebagai insan Pemasyarakatan harus menanamkan nilai-nilai Anti Korupsi dimanapun berada, agar selalu terhindar dari perbuatan Korupsi. Kita harus berpedoman pada prinsip :

Hidup cuman sekali Syukuri apa yang telah didapati Kaya dengan harta dari Korupsi 

Tak akan membuatmu tenang dalam menjalani hidup ini

Tanamkan dari dalam diri Untuk tidak melakukan Korupsi

Daripada menyesal dikemudian hari

Jadilah Insan Pemasyarakatan yang bersih dan bebas dari Korupsi”

KATAKAN TIDAK PADA KORUPSI

Taruna Utama Yoga Pratama Fitrianto

COMMENTS

Nama

(Lombok Tengah),4,(Praya Tengah,3,5erkini,1,a,1,Aceh,112,Aceh barat,1,Aceh singkil,19,ACEH TENGAH,1,aceh timur,3,Aceh Utara,6,agam(Sumbar),13,Ambon,1,Amuntai,1,anambas-kepri,15,ASMAT,1,badau(kalbar),1,badung,1,bagansiapiapi,2,balai pungut Pinggir,1,balai raja pinggir,2,balangan,1,Bali,4,Balikpapan,2,Banda Aceh,27,bandar lampung,5,Bandung,37,Banggai,2,Bangka belitung,5,bangkinang,1,Banjarbaru,1,banjarmasin,6,Banjarnegara,2,banten,6,Banyumas,4,Banyuwangi,14,bappenas,6,BARABATU PANGKEP,1,Barito utama,1,barru,1,batam,246,batang,78,BATAVIA,1,Bathin Salopan,5,Batu Ampar,1,Batu Panjang Rupat,2,batubara,1,Batunyala,1,beirut,1,bekas,1,Bekasi,36,belawan,2,belitang,1,bengkalis,148,bengkayang,27,bengkulu utara,6,BERAU,4,berita terkini,564,Bima,1,bintan,67,Bireuen,174,bisnis,4,Blitar,1,BLORA,30,Bobong,1,Bogor,19,bojonegoro,1,bolmong,1,Bolmut,2,bondowoso,44,boyolali,1,Brang Ene(Sumbawa Barat),10,brebes,5,BUKITTINGGI,15,BULUNGAN,1,buol,2,Business,1,Calang,1,ciamis,3,Cianjur,3,Cikampek,1,Cikarang,6,cilacap,9,Cilegon,3,cimahi,1,Cirebon,8,daera,3,Daerah,291,Deli Serdang,5,Denpasar,6,depok,35,dewan pers,1,Donggala,4,DPI,2,DPRD Bekasi,28,DPRD Kab. Bekasi,11,dumai,14,Dungun Baru Rupat,1,duri,5,duri barat,1,Duri(Mandau),47,Ekonomi,57,entikong,12,Garut,66,Global,3,Gorontalo,196,Gowa,3,Gresik,3,Gunung kidul,1,Gunung Meriah,1,gunung puyuh,1,gunung sitoli,1,hamparan perak,1,Health Info,2,Humas Beltim,3,Humbahas,5,Hutan Panjang(Rupat),4,Indonesia,1,Indramayu,2,informasi,1,INHIL,1,inhu,2,Internasional,29,itali,1,Jagoi Babang,1,jakara,3,jakarta,787,jakarta barat,1,jambi,2,Janapria(Lombok Tengah),14,jateng,1,Jawa barat,1,Jawa tengah,1,Jayapura,20,Jember,17,Jembrana,1,Jeneponto,4,Jenggik Utara(Lombok timur),3,Jepara,7,Johannesburg,1,kab,1,Kab Bandung,69,kab. Bandung,2,Kab. Bekasi,29,Kab. Langkat,94,Kab. Mimika,24,kab. musi rawas,97,Kab. Pekalongan,4,kab. pemalang,6,kab. polman,6,Kab. Seluma,31,Kab. Wajo,1,kab.bandung,2,kab.bengkalis,15,kab.keerom(Papua),1,kab.kubu,2,kab.kubu raya(kalbar),314,kab.pemalang,3,Kab.Semarang,2,kab.sintang,8,kab.Tangerang,2,kab.Tegal,78,Kabar Rohul,2,Kabupaten Bireuen-Aceh,23,Kabupaten Pelalawan,1,kalbar,25,Kalembu Kaha(NTT),1,kalideres,1,kalimantan barat,8,kalimantan selatan,1,KALSEL,1,Kalteng,9,Kaltim,3,kampar,16,Kandangan,1,KAPUAS,2,Kapuas Hulu,4,karanganyar,2,karangasem,1,Karawang,36,Karimun-Kepulauan Riau,71,Katingan,11,kaur,2,Kebumen,1,Kementerian PPN/Bappenas,38,kendari,4,KENDARI(SULTRA),35,kepri,100,keprri,5,Keruak(Lombok Timur),2,kerumak,1,ketapang,5,Kotabumi,1,kotawaringin barat,1,Kotawaringin Timur,1,Kuala kapuas,11,kuala lumpur,1,Kuala Pembuang,20,kubu raya,29,Kulim Bathinsolapan,2,Kuliner,3,Kupang,5,Kutai Kartanegara,1,kutim,1,l,1,Lab. Wajo,1,labuhan batu,110,labuhan batu utara,2,labuhan haji,3,Labura,12,lamboya (NTT),1,lamongan,2,lampok(sumbawa barat),1,lampung,15,Lampung Selatan,5,Lampung Tengah,38,lampung utara,28,lampura,5,landak,5,landak(Kalbar),5,lando(Terara Lombok Timur),1,langkat,10,langsa,1,Lantamal V,728,lantamal x,220,lebak,4,lemo morut,1,lesung batu,1,Lhokseumawe,8,Lhoksukon,1,LINGGA,256,LOBOK TIMUR,1,LOMBOK,1,lombok barat,3,lombok tengah,76,Lombok timur,183,loteng,2,loteng(NTB),5,loteng),1,lubuk pakam,2,Lubuklinggau,33,Lumajang,35,Luwu,3,Luwuk Banggai,2,Maddaremmeng,1,Madina,1,Madiun,4,magelang,1,magetan,1,Majalengka,177,majene,41,makassar,19,malang,3,Maluku Utara,2,Mamberamo Raya,1,Mamuju,4,Manado,1,mancanegara,1,Manemeng (Sumbawa Barat),4,manokwari,9,marindal,1,Maros,69,mataram,8,mataram(ntb),5,Medan,92,Melawi,1,MELAWI(KALBAR),33,Mempawah,5,Mengkopot,4,Merangin,1,meranti,7,Merauke,2,MESUJI,6,metro lampung,1,MEULABOH,3,Minahasa,1,mojokerto,4,Montong Gading (Lombok Timur),2,Morowali,4,Morowali Utara,2,morut,4,muara,2,Muara Basung Pinggir,2,Muara Enim(Sumsel),38,muara teweh,1,Muko Muko,14,mukomuko,40,mukoq,1,Muna(Sultra),1,mura(sumbawa barat),1,MURATARA,161,murung jaya,1,musi banyuasin,18,musirawas,11,Nabire,1,nagan raya,3,Nanga Mahap,1,Nanga Pinoh,1,Nasional,40,Natuna(Kepri),16,News,187,Ngawi,1,nias selatan,5,NTB,21,nternasional,1,NTT,1,oku selatan,2,Oku Timur(Sumsel),9,Olahraga,1,opini,6,Otomotif,3,Pacitan,1,Padang,2,padang genting,1,padangsidempuan,3,Palangka raya,38,Palas,1,Palas (Lampung Selatan),3,palelawan,3,Palembang,26,palu,5,Pamekasan,1,Pandeglang,279,Pangandaran,20,Pangkep,1,Papua,18,papua barar,2,papua barat,6,Parepare,1,Parimo,5,Pariwisata,31,pasangkayu,9,Pasuruan,3,pekalongan,36,Pekanbaru,143,pelalawan,1,Pemkab Bekasi,17,PemkaPelalawan,1,Pemkot Bekasi,1,PEN Sdm,1,Pendidikan,51,Pengumuman,1,peristiwa,75,Pessel,1,Pidie,1,pidie jaya,2,Pilkada,6,pinggir,2,polda kalbar,1,Polda Kalteng,3,Polewalimamdar,1,Polewalimandar,3,Polhukam,158,politik,13,Polman Sulbar,30,polres Pekalongan,161,polres Sekadau,381,Polsek Belitang,21,Polsek Belitang Hulu,3,polsek Sekadau,3,Polsek Sekadau Hilir,5,Polsek Sekadau Hulu,6,Ponorogo,2,Pontianak,10,pontianak(kalbar),77,Poso,1,praya,2,Probolinggo,1,prov. Aceh,1,Prov.Papua,1,pulang pisau,2,puplis,1,Purwakarta,2,purwokerto,1,Purworejo,1,Pyongyang,1,rada,2,radar metro,899,ragam,5,rambah samo,2,Randublatung,2,Rasau Jaya,2,Regional,31,Rembang,1,Riau,21,rimo,1,Rohil,4,ROHUL,7,Rokan Hulu,72,rundeng,1,rupat,52,rupat utara,48,Sabas,1,saham,1,sakra barat,2,Sakra(Lombok Timur),4,Salatiga,1,samalanga,1,samarinda,9,sambas,23,sampang,42,sampit,1,sanggau,169,satbrimob,1,Sebanga Pinggir,2,sekadau,67,sekayam,3,selebritis,8,selopan,4,seluma,5,Seluma Utara,1,Semarang,7,seputihbanyak,1,serang,30,siak,13,Sidoarjo,16,Sigi,22,Simalungun,24,simeule,1,singkawang,9,singkil,2,sintang,8,slawi,2,Sleman,4,solapan,1,solo,1,Solok selatan,1,sorong selatan,14,subang,16,subulussalam,110,Sukabumi,58,Sulawesi Selatan,1,sulbar,1,sulsel,3,sULTENG,5,Sulut,1,Sumba Barat(NTT),8,sumbar,6,sumbawa barat,8,Sumedang,1,Sumenep,58,Sumsel,5,sumut,3,sungai kakap,3,SUNGAI RAYA,1,Surabaya,23,Taliabu.,38,taliwang(Sumbawa Barat),8,tambang,1,tanah datar,1,tangerang,7,Tangerang Selatan,2,Tanjabtim,1,Tanjung agung,1,tanjung batu,1,TANJUNG MEDANG,9,TANJUNG PINANG,1,tanjung pinang (Kepri),257,tanjung punak,2,tanjung selor,3,tanjung uban,7,TANJUNGPINANGKEPRI,1,Tapanuli Selatan,528,tapteng,2,TAREMPA(KEPRI),2,Tasikmalaya,7,tayan hilir,1,tayan hulu,1,tebing tinggi,15,Technology,12,Teekini,1,tegal,18,teluk kapuas,1,temajuk,2,TERKI,2,Terkin,5,Terkini,8913,TERKINIM,3,Termini,2,timika,8,tolikara,1,Tolitoli,10,Tubaba,2,tubabar,1,tulang bawang,63,Tulang Bawang Barat,16,tulang bawang barat (lampung),9,Tulangbawang,18,ujung batu,2,Waibakul-NTT,1,Waikabubak(NTT),5,Walla Ndimu(NTT),3,Way Kanan,131,Wonosobo,1,Yogyakarta,10,
ltr
item
Radar Metro: Pencegahan Korupsi Di Lingkungan Pemasyarakatan
Pencegahan Korupsi Di Lingkungan Pemasyarakatan
https://1.bp.blogspot.com/-CQXS7NvgGdo/X7h1xp_jcTI/AAAAAAAAXZs/EK6wb3zr_cQfFA8lj5bXvw4OBBj2ZyyigCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20201120-WA0233.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-CQXS7NvgGdo/X7h1xp_jcTI/AAAAAAAAXZs/EK6wb3zr_cQfFA8lj5bXvw4OBBj2ZyyigCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20201120-WA0233.jpg
Radar Metro
http://www.radarmetro.net/2020/11/pencegahan-korupsi-di-lingkungan_21.html
http://www.radarmetro.net/
http://www.radarmetro.net/
http://www.radarmetro.net/2020/11/pencegahan-korupsi-di-lingkungan_21.html
true
9158309300093259471
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy