PENCAIRAN BANTUAN PANGAN NON TUNAI

TIKOR DAERAH DI PASIP DAN TIDAK BERJALAN Sorong Selatan, RM Mengacuh pada Arahan Presiden RI  26 April 2016 lalu terkait pelaksanaan bantuan...



TIKOR DAERAH DI PASIP DAN TIDAK BERJALAN

Sorong Selatan, RM

Mengacuh pada Arahan Presiden RI  26 April 2016 lalu terkait pelaksanaan bantuan Sosial ;

Setiap bantuan sosial dan subsidi disalurkan secara non-tunai dan  menggunakan sistem perbankan untuk kemudahan mengontrol,  memantau, dan mengurangi

penyimpangan. Penggunaan sistem perbankan dengan memanfaatkan keuangan digital dimaksudkan  untuk memperluas keuangan inklusif  Penggunaan beragam kartu dalam menyalurkan dana bansos  agar dapat diintegrasikan dalam satu kartu.

Subsidi akan ditujukan kepada orang bukan kepada  barangnya Semua Subsidi akan di reformasi menjadi Bantuan Sosial Non Tunai Bansos bisa tunai bisa in Natura (Beras)tanpa uang tebus (Rp 1.600) dan volume 10Kg. Untuk kemudahan mengontrol, memantau dan mengurangi penyimpangan

Maka untuk lebih di ketahui para penerima,atau Keluarga Penerima Mamfaat (KPM), pertama harus mengisi Formulir di hadapan Bank BRI dan di damping Oleh Para Pendamping Kemenetrian Sosial RI  selanjunta KKS ini adalah masuk dalam bantuan Pemerintah oleh sebab itu,Kartu ATM tersebut tidak berlaku di mesing ATM Umum/atau biasa dan setiap KPM tidak dapat mencairkan langsung melalinkan dapat menggesek melalui mesing ATM untuk mendapatkan Beras dan telur dan saldonya harus 0 (Kososng) Ujar Koordinator Bansos Pangan Kab.Sorong Selatan Otys Asikasau. Kepada Wartawan.

Sejak pelaksanaan ini mulai dilaksanakan,masi mendapat banyak Kontra fersi baik dari Masyarakat penerima mamfaat itu sendiri maupun dari kepal Kampung dan kepala Distriik,beberapa poin yang di sesalkan adalah,

1.Nama –nama penerima tidak sesuai dengan Penerima Beras Sejahtera dan sangat jauh maka itu akan jadi masalah besar di kalangan penerima KKS tersebut,oleh Karen sebagian besar tidak mendapatkannya maka yang jadi sasaran adalah Kepala Kampug Kepala Distrik dan Para Pendamping (TKSK) ujar salah seorang kepala Distrik yang tidak mau disebut namanya.

2.Tidak ada dukungan Dana transportasi para penerima dari kampung ke Bank untuk mengambil kartu dan mengambil beras serta di bawah pulan ke kampung.

3.Tidak perna ada sosialisasi dari TIKOR Kabupaten bersama para pendamping agar penerima lebih mengerti bahkan memahaminya terkait mekanisme dan tatacara nya sesuai pedoman pelaksaann.Bansos Pangan.

Menanggapi hal itu Koordinator bansos pangan kabupaten menyadari bahwa memang benar selama ini hampir 1 Tahun berjalan TIM KOORDINASI ANSOS PANGAN DAERAH Tidak berjalan,Tim tersebut di Ketuai Oleh SEKRETARSI DAEARAH Sorong Selatan yang di ankat dengan SK Bupati,di tambahkan nya bahkan Laporan pengawasan pelaksanaan Bantuan Sosial di mulai dari Bantuan Beras Sejahtera sampai sekarang masuk lagi bantuan Uang Tunai (BPNT) sama sekali tidak adah lagi laporan resmi dari ketua TIKOR kabupaten yang di teruskan kepada TIKOR Propinsi dan selanjutnya di teruskan kepada Kementerian Sosial RI melalui DIRJEN PFM.tentunya hal ini mengacuh kepada PEDUM Bansoso Pangan dengan tugas sebagai berikut;

Untuk Tim Koordinasi Bansos Pangan Pusat

1.Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan melaksanakan fungsi koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian dalam perumusan kebijakan Program Bansos Pangan (Bansos Rastra dan BPNT) dengan membentuk Tim Koordinasi Bansos Pangan Pusat.

A.Tim Koordinasi Bansos Pangan Provinsi

2.Gubernur bertanggung jawab atas pelaksanaan Program Bansos Pangan (Bansos Rastra dan BPNT) di Wilayahnya dan membentuk Tim Koordinasi Bansos Pangan Provinsi. Tim tersebut berkoordinasi dengan Tim Koordinasi

Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Provinsi dan berkoordinasi dengan Tim Koordinasi Bansos Pangan Kabupaten/Kota. Tim Koordinasi Bansos Pangan Provinsi dibentuk sebagai berikut.

1. Kedudukan

Tim Koordinasi Bansos Pangan Provinsi adalah pelaksana Program Bansos Pangan di provinsi yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur.

2. Tugas

Tim Koordinasi Bansos Pangan Provinsi mempunyai tugas melakukan koordinasi perencanaan, anggaran, sosialisasi, pelaksanaan distribusi, pemantauan dan evaluasi, pengelolaan dan penanganan pengaduan dari masyarakat serta melaporkan hasilnya kepada Tim Koordinasi Bansos Pangan Pusat.

3. 􀀇ungsi 

Dalam melaksanakan tugas tersebut, Tim Koordinasi Bansos Pangan Provinsi mempunyai fungsi (a) Koordinasi perencanaan dan penyediaan 􀀂PBD untuk mendukung pelaksanaan Program Bansos Pangan di provinsi (b Fasilitasi lintas pelaku dan sosialisasi Program Bansos Pangan.dan selanjutnya.

B.Tim Koordinasi Bansos Pangan Kabupaten Kota

Bupati/Walikota bertanggung jaaab atas pelaksanaan Program Bansos Pangan (Bansos Rastra dan BPNT) di Wilayahnya dan membentuk Tim Koordinasi Bansos Pangan Kabupaten/Kota. Tim tersebut berkoordinasi dengan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten/Kota dan berkoordinasi Tim Koordinasi Bansos Pangan Kecamatan serta Pelaksana Distribusi. Tim Koordinasi Bansos Pangan Kabupaten/Kota dibentuk sebagai berikut

1.Kedudukan

Tim Koordinasi Bansos Pangan Kabupaten/Kota adalah pelaksana Program Bansos Pangan di kabupaten/kota, yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati/Walikota.

2. Tugas

Tim Koordinasi Bansos Pangan Kabupaten/Kota mempunyai tugas melakukan koordinasi perencanaan, anggaran, pemutakhiran data KPM, sosialisasi, pelaksanaan penyaluran, pemantauan dan evaluasi, pengelolaan dan penanganan pengaduan sertamelaporkan hasilnya kepada Tim Koordinasi Bansos Pangan Provinsi dan Tim Koordinasi Bansos Pangan Pusat.

3.Fungsi

Dalam melaksanakan tugas tersebut, Tim Koordinasi Bansos Pangan Kabupaten/Kota mempunyai fungsi ;

a) Koordinasi perencanaan dan penyediaan APBD untuk mendukung pelaksanaan Program Bansos Pangan di kabupaten/kota;

b)  Koordinasi pelaksanaan pemutakhiran data KPM;

c)  Sosialisasi Program Bansos Pangan di 􀀫ilayahkabupaten/kota

d)  Perencanaan dan koordinasi penyaluran Program Bansos Pangan

e)  Koordinasi pelaksanaan penyaluran Bansos Rastra dengan Perum

     BULOG  yang juga merupakan salah satu penyedia bahan pangan

     untuk BPNT;

f)  Koordinasi pelaksanaan penyaluran BPNT dengan Bank Penyaluran

g)Menyediakan pendamping dan/atau aparat setempat untuk  membantu kelancaran sosialisasi, pemutakhiran data KPM dan pelaksanaan penyaluran Bansos Pangan;

h) Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Program Bansos Pangan di kecamatan, desa/kelurahan/ pemerintahan setingkat􀀮

 i) Pengelolaan dan penanganan pengaduan Program Bansos Pangan di kabupaten/kota;

 j)Pembinaan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi Tim Koordinasi Bansos Pangan Kecamatan dan Pelaksana Distribusi di desa/kelurahan/ pemerintahan setingkat􀀮 dan

 k)Pelaporan pelaksanaan Program Bansos Pangan kepada Tim Koordinasi Bansos Pangan Provinsi dan Tim Koordinasi Bansos Pangan Pusat.

Struktur Tim Koordinasi Bansos Pangan Kabupatn/Kota Tim Koordinasi Bansos Pangan Kabupaten/Kota terdiri dari penanggung jawab (Bupati/Walikota), ketua Sekretaris Daerah), sekretaris (Kepala Dinas Sosial), dan beberapa unit kerja yang menangani urusan perencanaan, pemutakhiran data KPM, sosialisasi,pelaksanaan penyaluran, pemantauan dan evaluasi serta pengelolaan dan penanganan pengaduan yang ditetapkan dengan Keputusan Bupati/Walikota.

Keanggotaan Tim Koordinasi Bansos Pangan Kabupaten/Kota Tim Koordinasi Bansos Pangan Kabupaten/Kota beranggotakan unsure unsur OPD terkait di kabupaten/kota, antara lain, Sekretariat Daerah Kabupaten/Kota, Dinas Sosial, Bappeda, OPD yang menangani urusan pangan serta OPD terkait lainnya. Di samping itu, Tim Koordinasi ini juga dapat menyertakan unsur dari beberapa instansi vertikal yang ada di daerah, yaitu  BPS, Perum BULOG, Bank Penyalur (terkait BPNT) dan lembaga/pihak lain sesuai dengan kondisi dan kebutuhan daerah.

Maka menurut kami bahwa kelalaian penganan Program ini adalah di kategorikan sebagai berikut; TIKOR DAERAH belum memahami Tugas dan Tanggung Jawabnya baik langsung maupun tidak lansung sehingga selama  ini tidak perna didukung secara baik dalam pelaksanaannya yang seharusnya sebelum penyaluran maupun pencairan,harus Tikor daerah melaksakan Rapat Koordinasi bansos pangan yang menghadirkan para Kepaka Distrik dan Kepala Kampung juga Tenaga Pendamping dan di presentasikan oleh Koordinator Kabupaten dan Dinas Sosial Selaku Sekretaris Tikor.karena selama ini TIKOR Sorong Selatan dalam halini KETUA TIMKOR DAERAH tidak berfunsi lagi ujar Korteks seraya mengakhirinya. (Iwan S)








COMMENTS

Nama

(Praya Tengah,3,Aceh,76,Aceh singkil,19,ACEH TENGAH,1,aceh timur,3,Aceh Utara,5,agam(Sumbar),12,Ambon,1,Amuntai,1,anambas-kepri,15,ASMAT,1,badau(kalbar),1,badung,1,bagansiapiapi,2,balai raja pinggir,2,balangan,1,Bali,4,Balikpapan,2,Banda Aceh,20,bandar lampung,5,Bandung,31,Banggai,2,Bangka belitung,5,bangkinang,1,Banjarbaru,1,banjarmasin,6,Banjarnegara,2,banten,6,Banyumas,4,Banyuwangi,11,bappenas,4,BARABATU PANGKEP,1,Barito utama,1,barru,1,batam,133,batang,7,BATAVIA,1,Batu Ampar,1,batubara,1,Batunyala,1,bekas,1,Bekasi,35,belawan,1,belitang,1,bengkalis,121,bengkayang,5,bengkulu utara,5,BERAU,4,berita terkini,562,Bima,1,bintan,38,Bireuen,132,bisnis,4,Blitar,1,BLORA,28,Bogor,14,bojonegoro,1,bolmong,1,Bolmut,2,bondowoso,25,boyolali,1,Brang Ene(Sumbawa Barat),10,brebes,5,BUKITTINGGI,12,BULUNGAN,1,buol,2,Business,1,Calang,1,ciamis,3,Cianjur,3,Cikampek,1,Cikarang,6,cilacap,9,Cilegon,3,cimahi,1,Cirebon,7,daera,3,Daerah,285,Deli Serdang,1,Denpasar,6,depok,16,dewan pers,1,Donggala,2,DPI,2,DPRD Bekasi,28,DPRD Kab. Bekasi,11,dumai,12,Dungun Baru Rupat,1,duri,3,duri barat,1,Duri(Mandau),25,Ekonomi,57,entikong,7,Garut,46,Global,3,Gorontalo,158,Gowa,3,Gresik,3,Gunung kidul,1,Gunung Meriah,1,gunung puyuh,1,gunung sitoli,1,Health Info,2,Humas Beltim,3,Hutan Panjang(Rupat),2,Indramayu,2,informasi,1,INHIL,1,Internasional,29,itali,1,Jagoi Babang,1,jakara,3,jakarta,694,jakarta barat,1,jambi,2,Janapria(Lombok Tengah),14,jateng,1,Jayapura,19,Jember,1,Jembrana,1,Jeneponto,3,Jenggik Utara(Lombok timur),3,Jepara,7,kab,1,Kab Bandung,69,Kab. Bekasi,29,Kab. Langkat,44,Kab. Mimika,24,kab. musi rawas,6,Kab. Pekalongan,3,kab. pemalang,6,kab. polman,6,Kab. Seluma,31,Kab. Wajo,1,kab.bandung,2,kab.bengkalis,3,kab.keerom(Papua),1,kab.kubu,1,kab.kubu raya(kalbar),205,kab.pemalang,3,Kab.Semarang,2,kab.sintang,6,kab.Tangerang,2,kab.Tegal,78,Kabar Rohul,2,Kabupaten Bireuen-Aceh,18,Kabupaten Pelalawan,1,kalbar,17,Kalembu Kaha(NTT),1,kalideres,1,kalimantan barat,6,kalimantan selatan,1,KALSEL,1,Kaltim,3,kampar,16,Kandangan,1,KAPUAS,2,Kapuas Hulu,3,karanganyar,2,karangasem,1,Karawang,35,Karimun-Kepulauan Riau,46,Katingan,5,kaur,2,Kebumen,1,Kementerian PPN/Bappenas,9,kendari,4,KENDARI(SULTRA),35,kepri,99,keprri,5,Keruak(Lombok Timur),2,kerumak,1,ketapang,5,Kotabumi,1,kotawaringin barat,1,Kuala kapuas,11,kuala lumpur,1,Kuala Pembuang,20,kubu raya,27,Kulim Bathinsolapan,2,Kuliner,3,Kutai Kartanegara,1,kutim,1,l,1,Lab. Wajo,1,labuhan batu,14,labuhan batu utara,2,labuhan haji,1,Labura,9,lamboya (NTT),1,lamongan,2,lampok(sumbawa barat),1,lampung,12,Lampung Selatan,3,Lampung Tengah,34,lampung utara,23,lampura,4,landak,5,landak(Kalbar),5,lando(Terara Lombok Timur),1,langsa,1,Lantamal V,544,lantamal x,146,lebak,3,lemo morut,1,Lhokseumawe,6,Lhoksukon,1,LINGGA,183,LOBOK TIMUR,1,LOMBOK,1,lombok barat,2,lombok tengah,47,Lombok timur,87,loteng,1,loteng(NTB),5,loteng),1,lubuk pakam,2,Lubuklinggau,21,Lumajang,35,Luwu,1,Luwuk Banggai,2,Madina,1,Madiun,4,magelang,1,magetan,1,Majalengka,141,majene,27,makassar,17,malang,3,Maluku Utara,2,Mamberamo Raya,1,Mamuju,4,Manado,1,mancanegara,1,Manemeng (Sumbawa Barat),4,manokwari,4,marindal,1,Maros,51,mataram,7,mataram(ntb),5,Medan,27,MELAWI(KALBAR),5,Mempawah,1,Mengkopot,4,Merangin,1,meranti,3,Merauke,2,MESUJI,4,MEULABOH,3,Minahasa,1,mojokerto,4,Montong Gading (Lombok Timur),2,Morowali,3,Morowali Utara,2,morut,4,muara,2,Muara Basung Pinggir,1,Muara Enim(Sumsel),26,Muko Muko,12,mukomuko,32,mukoq,1,Muna(Sultra),1,mura(sumbawa barat),1,MURATARA,123,murung jaya,1,musi banyuasin,1,musirawas,7,Nabire,1,nagan raya,2,Nasional,40,Natuna(Kepri),14,News,187,Ngawi,1,nias selatan,5,NTB,20,nternasional,1,oku selatan,2,Oku Timur(Sumsel),6,Olahraga,1,opini,6,Otomotif,3,Pacitan,1,Padang,2,padang genting,1,padangsidempuan,3,Palangka raya,16,Palas (Lampung Selatan),3,palelawan,3,Palembang,8,palu,4,Pamekasan,1,Pandeglang,209,Pangandaran,20,Pangkep,1,Papua,13,papua barar,2,papua barat,3,Parepare,1,Parimo,5,Pariwisata,31,pasangkayu,6,Pasuruan,3,pekalongan,15,Pekanbaru,95,pelalawan,1,Pemkab Bekasi,17,PemkaPelalawan,1,Pemkot Bekasi,1,PEN Sdm,1,Pendidikan,51,Pengumuman,1,peristiwa,72,Pessel,1,Pidie,1,pidie jaya,2,Pilkada,6,pinggir,2,polda kalbar,1,Polda Kalteng,3,Polewalimamdar,1,Polewalimandar,3,Polhukam,158,politik,13,Polman Sulbar,23,polres Pekalongan,44,polres Sekadau,226,Polsek Belitang,21,Polsek Belitang Hulu,1,polsek Sekadau,3,Polsek Sekadau Hilir,5,Polsek Sekadau Hulu,6,Ponorogo,2,Pontianak,10,pontianak(kalbar),46,praya,2,Probolinggo,1,prov. Aceh,1,Prov.Papua,1,pulang pisau,2,Purwakarta,1,purwokerto,1,Purworejo,1,Pyongyang,1,rada,2,radar metro,897,rambah samo,2,Rasau Jaya,1,Regional,31,Rembang,1,Riau,18,rimo,1,Rohil,2,ROHUL,6,Rokan Hulu,24,rundeng,1,rupat,43,rupat utara,35,saham,1,sakra barat,2,Sakra(Lombok Timur),4,Salatiga,1,samalanga,1,samarinda,9,sambas,4,sampang,36,sampit,1,sanggau,85,satbrimob,1,Sebanga Pinggir,2,sekadau,55,sekayam,3,selebritis,8,selopan,4,seluma,5,Seluma Utara,1,Semarang,6,serang,30,siak,10,Sidoarjo,16,Sigi,21,Simalungun,12,simeule,1,singkawang,6,singkil,2,sintang,7,slawi,2,Sleman,4,solapan,1,solo,1,Solok selatan,1,sorong selatan,9,subang,12,subulussalam,99,Sukabumi,55,Sulawesi Selatan,1,sulbar,1,sulsel,2,sULTENG,2,Sumba Barat(NTT),8,sumbar,6,sumbawa barat,8,Sumenep,39,Sumsel,1,sumut,3,sungai kakap,3,SUNGAI RAYA,1,Surabaya,20,Taliabu.,3,taliwang(Sumbawa Barat),8,tambang,1,tanah datar,1,tangerang,7,Tangerang Selatan,2,Tanjabtim,1,TANJUNG MEDANG,8,TANJUNG PINANG,1,tanjung pinang (Kepri),153,tanjung punak,1,tanjung selor,3,tanjung uban,3,TANJUNGPINANGKEPRI,1,Tapanuli Selatan,313,tapteng,2,TAREMPA(KEPRI),1,Tasikmalaya,3,tayan hilir,1,tayan hulu,1,Technology,12,Teekini,1,tegal,18,teluk kapuas,1,temajuk,2,TERKI,2,Terkin,5,Terkini,5766,TERKINIM,1,timika,8,tolikara,1,Tolitoli,8,Tubaba,2,tubabar,1,tulang bawang,44,Tulang Bawang Barat,13,tulang bawang barat (lampung),9,Tulangbawang,16,ujung batu,2,Waibakul-NTT,1,Waikabubak(NTT),5,Walla Ndimu(NTT),3,Way Kanan,73,Wonosobo,1,Yogyakarta,9,
ltr
item
Radar Metro: PENCAIRAN BANTUAN PANGAN NON TUNAI
PENCAIRAN BANTUAN PANGAN NON TUNAI
https://1.bp.blogspot.com/-2ATjnFxXCjM/Xzdr5jPxaKI/AAAAAAAAIiE/MTJKX99b1o0YezF1N-1XljSXyQmU8PS1QCLcBGAsYHQ/s0/WhatsApp%2BImage%2B2020-08-15%2Bat%2B08.17.08.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-2ATjnFxXCjM/Xzdr5jPxaKI/AAAAAAAAIiE/MTJKX99b1o0YezF1N-1XljSXyQmU8PS1QCLcBGAsYHQ/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2020-08-15%2Bat%2B08.17.08.jpeg
Radar Metro
http://www.radarmetro.net/2020/08/pencairan-bantuan-pangan-non-tunai.html
http://www.radarmetro.net/
http://www.radarmetro.net/
http://www.radarmetro.net/2020/08/pencairan-bantuan-pangan-non-tunai.html
true
9158309300093259471
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy